//

KEANEKARAGAMAN TERITIP SEBAGAI BIOINDIKATOR KONDISI LINGKUNGAN PERAIRAN KRUENG LAMNYONG, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang M Rizki Fauzi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Keanekaragaman, Teritip, Kondisi Lingkungan, Perairan, Bioindikator Penelitian “Keanekaragaman Teritip (Balanus sp) Sebagai Bioindikator Kondisi Lingkungan Perairan Sungai Lamnyong Kota Banda Aceh” telah dilakukan sejak November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman teritip sebagi bioindikator kondisi lingkungan di kawasan Sungai Lamnyong Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah teritip yang terdapat di kawasan perairan Sungai Lamnyong, Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data keanekaragaman teritip dianalisis dengan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Winner dan klasifikasi derajat pencemaran merujuk pada Lee, sedangkan kondisi habitat dianalisis secara deskripsi. Hasil penelitian adalah (1) indeks keanekaragaman teritip stasiun I 0,62, stasiun II 0, stasiun III 0.69 dan stasiun IV 0.41 dengan indeks keseluruhan 1.25 (2) kondisi habitat dasar perairan Sungai Lamnyong, Banda Aceh berbatu dan kayu, dengan suhu air optimum, salinitas payau dan pH Air asam sampai basa dan (3) teritip dapat ditetapkan sebagai bioindikator lingkungan berdasarkan indeks keanearagaman (diversity). Kesimpulan penelitian ini adalah keanekaragaman teritip di kawasan perairan Sungai Lamnyong Kota Banda Aceh pada kriteria rendah dan derajat pencemaran berat dengan kondisi habitat dasar perairan berbatu, kayu dengan suhu optimum, salinitas payau dan pH asam sampai basa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI TUMBUHAN DAN EVALUASI PEMANFAATAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG LAMNYONG PROVINSI ACEH (EKA PUSPITA SARI, 2019)

PENETAPAN KUALITAS AIR BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN PLANKTON DI KRUENG DAROY (ARIHSYAH PUTRA ZAI, 2018)

STRUKTUR KOMUNITAS GASTROPODA SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN DI SUNGAI KRUENG ACEH KOTA BANDA ACEH (ALI AFWANUDIN, 2020)

SEBARAN KLOROFIL-A DAN KUALITAS AIR DI MUARA SUNGAI KRUENG ACEH DAN LAMNYONG, BANDA ACEH (Zulaikha, 2016)

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BENTHOS DI PERAIRAN KRUENG JREU KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Mudrikatun Nafisah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy