//

PEMILIHAN MODEL YANG TEPAT UNTUK MEMPERKIRAKAN INTENSITAS RADIASI GLOBAL MATAHARI PADA PERMUKAAN HORIZONTAL BERDASARKAN LAMA PENYINARAN MATAHARI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarief Hidayatullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemanfaatan energi radiasi matahari bisa menjadi solusi terhadap permasalahan kebutuhan energi saat ini. Dalam pemanfaatan energi radiasi tersebut membutuhkan data dan informasi intensitas radiasi matahari. Namun ketersediaan data dan informasi intensitas radiasi matahari masih sangat minim terutama di wilayah Indrapuri-Aceh Besar. Untuk itu diperlukan suatu metode dalam mengestimasi nilai radiasi matahari dengan cara pemodelan intensitas radiasi berdasarkan lama penyinaran matahari. Estimasi tersebut menggunakan model Angstrom, model unrestricted, dan model non-linier classic. Tujuan penelitian ini adalah memilih model yang tepat dalam memperkirakan intensitas radiasi matahari pada permukaan horizontal berdasarkan lama penyinaran matahari di wilayah Indrapuri, Aceh Besar. Data lama penyinaran matahari yang digunakan dalam satuan jam dengan pengamatan tahun 2009 hingga 2014. Pemilihan model dilakukan dengan menggunakan tiga indikator, yaitu Mean Bias Error (MBE), Root Mean Square Error (RMSE) dan Mean Percentage Error (MPE). Model yang tepat diperoleh berdasarkan standar nilai MBE yaitu -5 dari range -10 hingga 0, RMSE yaitu 5 dari range 0 hingga 10 dengan MPE terendah. Dari hasil pengujian di peroleh bahwa model Angstrom dan unrestricted sangat tepat digunakan dalam memprediksi intensitas radiasi matahari di wilayah Indrapuri-Aceh Besar. Model tersebut mempunyai nilai MBE -5.77, RMSE 5.77 dan MPE 4.42 % dengan rata-rata tahunan intensitas radiasi matahari sebesar 8.9 MJ/m2 Kata kunci : intensitas radiasi matahari, lama penyinaran matahari, pemodelan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSI RADIASI MATAHARI UNTUK MEMBANGKIT TENAGA LISTRIK PADA SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER PENGGERAK POMPA AIR IRIGASI (NUR AZKIA, 2019)

RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKURAN INTENSITAS RADIASI MATAHARI UNTUK PEMBANGUNAN PLTS (Reza Agussalim, 2016)

PERANCANGAN ALAT UKUR INTENSITAS CAHAYA MATAHARI (hasrati, 2016)

ANALISIS EVAPOTRANSPIRASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THORNTHWAITE,BALNEY CRIDDLE, HARGREAVES, DAN RADIASI (Juanda Wirawan, 2013)

KEMAMPUAN PENYERAPAN PANAS RADIASI MATAHARI OLEH BERBAGAI TANAMAN DISEKELILING RUMAH UNTUK MENGURANGI PANAS LOKAL (Alidin, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy