//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) DAN KELAS KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maisarah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: model pembelajaran, Accelerated Learning Included by Discovery (ALID), sistem peredaran darah Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan model pembelajaran ALID (kelas eksperimen) dan kelas konvensional (kelas kontrol) dengan waktu pelaksanaan mulai dari Oktober 2015 hingga Januari 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design bentuk post-test only kontrol group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh berasal dari tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah pembelajaran materi sistem peredaran darah berakhir. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,27 dan kelas kontrol 70,17. Berdasarkan hasil uji-tdidapatkan nilai thitung = 6,36 dan ttabel = 1,67 atau thitung > ttabel maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi sistem peredaran darah di SMAN 4 Banda Aceh, yaitu hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019)

ANALISIS DAN UPAYA MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MELALUI PENGEMBANGAN MODUL DAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH (Cut Ratna Dewi, 2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCRATIC CIRCLES DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA N 7 BANDA ACEH (Irta Indah Puja Lestari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy