//

UJI MIKROBIOLOGIS MINUMAN PRODUK OLAHAN RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ika Mulyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Produk olahan rumah tangga, MPN, E.coli Penelitian Uji Mikrobiologis Minuman Produk Olahan Rumah Tangga di Kota Banda Aceh telah dilaksanakan sejak Agustus s.d November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya bakteri Coliform dan Escherichia coli di dalam minuman produk olahan rumah tangga yang beredar di Kota Banda Aceh berdasarkan uji mikrobiologis. Metode penelitian yang digunakan adalah Most Probable Number (MPN) dan Total Plate Count (TPC). Sampel penelitian ini adalah 15 produk olahan rumah tangga yang dipasarkan di Kota Banda Aceh. Parameter yang diamati adalah angka dari Most Probable Number (MPN) menggunakan tabung 3-3-3 serta TPC. Hasil analisis data diperoleh bahwa 7 dari 15 sampel minuman diduga positif mengandung E.coli yaitu Susu Kedelai CY dengan nilai MPN 0.092, Susu Kedelai SM dengan nilai MPN 0.36, Sari Kacang Hijau CY dengan nilai MPN 0.091, Sari Kacang Hijau ZA dengan nilai MPN 0.09, Teh kemasan MM dengan nilai MPN 0.29, Teh kemasan SMA dengan nilai MPN 0.11, Teh kemasan SD dengan nilai MPN 0.16, sehingga tidak layak untuk dikonsumsi karena kualitasnya tidak memenuhi standar Kepmenkes RI No. 492/Menkes/Per/IV/2010 yaitu total Coliform per 100 mL air minum adalah 0. Berdasarkan uji Total Plate Count (TPC), semua sampel minuman yang diuji tidak memenuhi persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 01-3553 tahun 2006 bahwa maksimum angka lempeng total yaitu 1,0x105 CFU/mL.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI SISTEM JAMINAN PRODUK HALAL DALAM PRODUKSI MAKANAN DAN MINUMAN OLEH USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (NATASYA AZIZA SUHAR, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA NOZY DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA NOZY) (Sri Rizki Novianti, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN JUMLAH DAYA LISTRIK RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (Fajriah, 2018)

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU M HAFIZH, 2018)

PENGARUH STATUS EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG GEUCE INEUM KOTA BANDA ACEH (DELSAN MAULANA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy