//

PENERAPAN KODE HAMMING PADA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL QUANTIZE-AND-FORWARD (QF)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rony Kurnia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sistem komunikasi kooperatif merupakan suatu metode untuk mengurangi pengaruh fading pada kanal komunikasi nirkabel. Salah satu protokol yang umum digunakan pada sistem kooperatif adalah Quantize-and-Forward (QF). Pada protokol QF, sinyal informasi yang diterima oleh relay akan dilakukan proses kuantisasi sebelum diteruskan ke tujuan. Namun demikian, sistem komunikasi kooperatif tidak luput dari kesalahan data yang disebabkan oleh berbagai jenis gangguan. Untuk itu, penerapan teknik pengkodean kanal untuk mengurangi kesalahan data yang dikirimkan adalah sangat penting. Penelitian ini menerapkan kode Hamming (7, 4) dan (15, 11) sebagai teknik pengkodean kanal pada jaringan komunikasi kooperatif protokol QF, dimana akan dilakukan analisis kinerja berdasarkan Bit Error Rate (BER) dan Signal to Noise Ratio (SNR) yang didapat dari simulasi komputer. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada saat SNR rendah penerapan kedua kode Hamming tersebut pada jaringan direct memiliki kinerja lebih buruk dibandingkan dengan jaringan tanpa pengkodean (uncoded), tetapi ketika SNR mulai meningkat kinerja yang didapat menjadi semakin lebih baik. Selanjutnya pada jaringan kooperatif QF kinerja yang dihasilkan dari penerapan kedua kode tersebut lebih baik dibandingkan pada jaringan direct yang mengalami pengaruh fading. Selain itu, penggunaan modulasi QPSK pada jaringan kooperatif QF kinerja yang didapat lebih baik dari modulasi BPSK. Hasil perbandingan dari penerapan kedua kode tersebut didapat bahwa kinerja penerapan kode Hamming (7, 4) pada jaringan kooperatif QF lebih baik dari penerapan kode Hamming (15, 11). Kata kunci: Sistem Komunikasi Kooperatif, Kode Hamming (7, 4), Kode Hamming (15, 11), Modulasi BPSK, Quantize-and-Forward (QF).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA JARINGAN KOOPERATIF MULTI-HOP RELAY BERBASIS PROTOKOL AMPLIFY-QUANTIZE AND FORWARD ( AQF). (Alfian, 2016)

PENGARUH JARAK MULTI RELAY TERHADAP KINERJA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AF DAN DF (Nurul Maulida Fitri, 2016)

EFISIENSI ENERGI SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF DENGAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF) MENGGUNAKAN STRATEGI PEMILIHAN RELAY (Fityanul Akhyar, 2017)

PERBANDINGAN PERFORMANSI TWO-WAY COOPERATIVE WLAN MENGGUNAKAN NON-ORTHOGONAL DAN ORTHOGONAL AMPLIFY AND FORWARD (Kurnia Rizki, 2017)

OPTIMALISASI ALOKASI DAYA PADA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AMPLIFY AND FORWARD (AAF) (Bunga, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy