//

UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KEPADA SISWA YANG BELUM TUNTAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAUZIAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci:Upaya guru, bimbingan siswa, belum tuntas. Dalam kegiatan pembelajaran siswa mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan guru. Daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang di sampaikan guru berbeda-beda. Ada siswa yang mempunyai daya serap tinggi sekali di sampaikan langsung mengerti, tetapi ada juga siswa yang harus berulang-ulang baru mengerti terhadap pelajaran yang disampaikan, oleh sebab itu diperlukan kerja sama antara guru dan siswa. Upaya guru dalam membimbing siswa yang belum tuntas belajar pada mata pelajaranIPS Terpadu dalam menganalisis motif-motif yang melatarbelakangi siswa malas belajar dan menurun prestasinya disekolah. Oleh karena itu muncul pertanyaan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran IPS Terpadu dalam memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas belajar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya guru dalam memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas belajar yang penelitian itu sendiri dilakukan dengan populasinyaadalah guru-guru IPS tingkat SMPN yang berada di wilayah Kota Banda Aceh,SMPN tersebut terdiri dari 5 SMPN yaitu SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 16, dan SMPN 18, yang berjumlah 31 orang guru IPS Terpadu.Untuk menginterprerasikan data, setiap data yang diperoleh dihitung frekuensinya dan disusun dalam bentuk Tabel kemudian dihitung persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti memperoleh hasil bahwa di SMP Negeri dalam wilayah Kota Banda Aceh guru yang mengajar mata pelajaran IPS Terpadu dapat dikatakan berupaya dalam m emberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas. Hal ini di buktikan dengan hasil yang di dapa tuji persentase yaitu 73,56 % termasuk criteria berupaya dan selebihnya sekitar 26,44% guru yang tidak memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru lebih banyak memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016)

UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Izzati Lathifah, 2018)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJARRNSISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADURNDI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Lisnawati, 2015)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Safiatul Husna, 2014)

PEMAHAMAN GURU BIDANG STUDI TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH) (Novin Asril Lubis, S.Pd., 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy