//

EFEKTIVITAS ANTI PARASIT EKSTRAK METANOL DAUN PANDAN SEMAK BERDURI (PANDANUS ODORATISSIMUS) TERHADAP MORTALITAS LINTAH IKAN (PISCICOLA GEOMETRA) PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ILHAM GIANDA TILAS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak metanol daun pandan semak berduri (Pandanus odoratissimus) yang dapat dijadikan sebagai antiparasit lintah ikan (Piscicola geometra) pada ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Terpadu Fakultas Kelautan dan Perikanan dan Laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Syiah Kuala pada Juni 2015. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap non faktorial dengan tujuh taraf perlakuan berdasarkan konsentrasi (0; 50; 60; 70; 80; 90 dan 100 ppm) dan tiga kali ulangan. Hasil perhitungan persentase mortalitas lintah ikan didapatkan bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun pandan semak berduri yang dipajan maka semakin tinggi pula nilai persentase mortalitas lintah ikan yang didapatkan. Hasil perhitungan persentase mortalitas tertinggi yakni pada konsentrasi 100 ppm yakni sebesar 99,3% sedangkan pada ikan nila terdapat mortalitas sebesar 40% pada konsentrasi pemajanan ekstrak 100 ppm. Hasil perhitungan Analysis of Varians didapatkan bahwa pemberian ekstrak daun pandan semak berduri berpengaruh nyata terhadap mortalitas lintah ikan dan ikan nila, sehingga dilakukan uji signifikan berupa uji beda nyata jujur. Konsentrasi 100 ppm merupakan konsentrasi yang dianggap paling efektif diberikan pada ikan nila yang terinfeksi parasit lintah ikan dikarenakan pada konsentrasi ini mortalitas ikan nila masih di bawah 50%. Kata kunci : antiparasit, ikan nila (Oreochromis niloticus), mortalitas, lintah ikan (Piscicola geometra)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANTI PARASIT EKSTRAK METANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP MORTALITAS LINTAH IKAN (PISCICOLA GEOMETRA) PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (GIAN RIEZA PRATAMA, 2016)

UJI EFEKTIVITAS ANTI PARASIT EKSTRAK DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP LINTAH IKAN (PISCICOLA GEOMETRA) PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (MUHAMMAD SYUKUR, 2016)

UJI ANTIBAKTERI DAUN MAHONI (SWIETENIA MAHAGONI JACQ.) TERHADAP AEROMONAS HYDROPHILARNPADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN RNMETODE PERENDAMAN (zulia ananda, 2014)

PENGARUH SUHU PEMELIHARAAN IKAN DAN MASA SIMPAN DAGING IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PADA PENYIMPANAN SUHU -20°C TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI (Nurdiani Muliana Sitakar, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.) (Rizka Mulia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy