//

STUDI KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN JULUNG - JULUNG (DERMOGENYS SP.) DI SUNGAI ALUR HITAM KECAMATAN BENDAHARA KABUPATEN ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ii ABSTRAK Penelitian tentang kebiasaan makan dan hubungan panjang berat ikan Dermogenys sp. telah dilakukan pada bulan April-Juni 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kebiasaan makandan hubungan panjang berat dan faktor kondisi ikanDermogenys sp.. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey, sampelikan di tangkap di Sungai Alur Hitam Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang. Penangkapan ikan dengan menggunakan serok dan ikan diawetkan dengan larutan formalin 10%. Selama penelitian tertangkap 136 ekor ikan Dermogenys sp.. Hasil analisis kebiasaan makan diperoleh semut merah Formica sp.ditemukan pada 71 ekor sampel ikan (52,53%) dan diikuti oleh semut hitam Dolichoderus sp.pada 52 ekor sampel (38,38%) dan kedua jenis makanan tersebut tergolong kedalam makanan utama dan makanan yang tidak teridentifikasi terdapat pada 19 ekor sampel ikan (14,29 %). Panjang rerata usus ikan Dermogenys ± 1,54-1,67 cm, sehingga dengan demikian ikan Dermogenys sp. tergolong ikan Insektifora (pemakan insekta). Hasil analisis hubungan panjang-berat diperoleh nilai koefisien b= 2,753 dan nilai faktor kondisi 103,10 dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ikan Dermogenys sp. bersifat Alometrik Negatif dan faktor kondisi perairan masih tergolong baik atau stabil. Kata kunci: Julung - julung (Dermogenys sp.), kebiasaan makan, panjang berat, insektifora.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PANJANG - BERAT DAN MORFOMETRIK IKAN JULUNG-JULUNG (ZENARCHOPTERUS DISPAR) YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN PANTAI UTARA ACEH (Rahmat Fadhil, 2016)

ANALISIS KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN TAWES (BARBONYMUS GONIONOTUS BLEEKER) DI SUNGAI REUBEE KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (Boy Alfari Fhonna, 2018)

KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN SIDAT (ANGUILLA MARMORATA) DI PERAIRAN SUNGAI BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Ridho Romanda, 2017)

STUDI KEBIASAAN MAKANRNIKAN LONTOK (OPHIOCARA POROCEPHALA)RNDI PERAIRAN SUNGAI IYU, KECAMATAN RNBENDAHARA, KABUPATEN ACEH TAMIANGRNSEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN BUDIDAYA (AGUS, 2015)

KEBIASAAN MAKAN IKAN ILI (HOMALOPTERA SP.) DI SUNGAI PESTAK KABUPATEN ACEH TENGAH (Kusuma Banda Naira, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy