//

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN POLIURETAN BERBASIS MINYAK BIJI KARET (RUBBER SEED OIL) DAN HEKSAMETILEN-1,6-DIISOSIANAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Salfauqi Nurman - Personal Name
SubjectPOLYURETHANE RUBBER
MEMBRANE PROCESSES - CHEMICAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kimia
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Membran poliuretan (PU) berbahan dasar minyak biji karet (Rubber seed oil) telah dapat disintesis dalam penelitian ini. Minyak biji karet mempunyai bilangan hidroksi 40,333 mgKOH/g dan bilangan iod 154,052 gI2/g. Proses hidrasi dapat meningkatkan bilangan hidroksi sebesar 135,30% dan menurunkan bilangan iod sebesar 73,91%. Minyak biji karet (MBK) dan Minyak biji karet terhidrasi (MBKt) dapat dimanfaatkan sebagai sumber gugus, -OH untuk sintesis membran PU dengan metode ikatan silang. MBK atau MBKt direaksikan dengan heksametilen-1,6-diisosianat (HMDI) sebagai sumber gugus, -NCO. Sintesis membran PU dilakukan dengan memvariasikan komposisi HMDI, suhu curing dan suhu polimerisasi. Membran PU dari MBK optimum dihasilkan pada komposisi 5:5 v/w dengan suhu polimerisasi 90-100°C dan suhu curing 165-170°C, membran yang dihasilkan memiliki sifat homogen, kering, sedikit kaku dan berwarna kuning kecoklatan dengan fluks 0,544 L/m2.h.bar dan faktor rejeksi 100%, sedangkan membran PU dari MBKt optimum dihasilkan pada komposisi 5:7 v/w dengan suhu polimerisasi 90-100°C dan suhu curing 115-120°C, membran yang dihasilkan memiliki sifat homogen, kering, kaku dan berwarna kuning kecoklatan dengan fluks 0,544 L/m2.h.bar dan faktor rejeksi 98,86%. Kata kunci: minyak biji karet; hidrasi; heksametilen-1,6-diisosianat; sintesis; membran poliuretan; karakterisasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAREKTERISASI MINYAK BIJI KARET TERHIDRASI (Nurianna Ainun, 2016)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN POLIURETAN BERBASIS MINYAK BIJI ALPUKAT (AVOCADO SEED OIL) DAN HEKSAMETILEN-1,6-DIISOSIANAT (HMDI) (Fitriani, 2016)

PEMBUATAN MEMBRAN POLIURETAN DARI MINYAK JARAK (JATROPHA OIL) DAN HEKSA METILEN DIISOSIANAT DENGAN VARIASI SUHU POLIMERISASI (Rahmi, 2014)

PENGARUH KONSENTRASI KARBON AKTIF TERHADAP KINERJA MEMBRAN ADSORPSI POLIURETAN DARI LUMUT DAN METILEN DIFENIL DIISOSIANAT (Fandini Putri Maulina, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN DAN KONTRIBUSI USAHATANI PERKEBUNAN KARET RAKYAT TERHADAP PENDAPATAN RNRUMAH TANGGA PETANI DI DESA WONOSARI RNKABUPATEN ACEH TAMIANG (Hidayatullah Akbar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy