//

ANALISIS NERACA PERDAGANGAN INDONESIA (STUDI KASUS: HUBUNGAN PERDAGANGAN BILATERAL INDONESIA-INDIA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faizah Rahmalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Neraca Perdagangan Indonesia (Studi Kasus: Hubungan Perdagangan Bilateral Indonesia-India) Nama : Faizah Rahmalia NIM : 0901101010025 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan DosenPembimbing : Cut Zakia Rizki S.E., M. Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi neraca perdagangan Indonesia dalam perdagangan bilateral Indonesia dengan India. Penelitian ini menggunakan model Ordinary Least Square (OLS) menggunakan data time series. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahun 1997 sampai dengan tahun 2015 (19 tahun). Berdasarkan hasil estimasi OLS, dapat disimpulkan bahwa neraca perdagangan bilateral Indonesia dengan India pada ekspor dipengaruhi oleh produk domestik bruto Indonesia, produk domestik bruto India, dan nilai tukar riil mata uang Indonesia terhadap dollar AS. Neraca perdagangan bilateral Indonesia dengan India pada impor dipengaruhi oleh produk domestik bruto Indonesia dan nilai tukar riil mata uang Indonesia terhadap dollar AS. Agar perekonomian Indonesia mencapai tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, diperlukan peningkatan nilai tambah (value added) oleh perekonomian Indonesia yaitu dengan cara mengubah struktur ekspor Indonesia yang selama ini cenderung mengekspor barang primer atau barang mentah, menjadi barang setengah jadi, atau barang jadi. Dengan meningkatkan value added terhadap komoditi ekspor Indonesia, maka diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Diharapkan bagi peneliti lain yang ingin melanjutkan penelitian dapat menambahkan rentang waktu penelitian dan memasukkan variabel-variabel lain yang mungkin berpengaruh signifikan. Kata kunci: Neraca Perdagangan, Perdagangan Bilateral, Produk Domestik bruto, Ordinary Least Square (OLS)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH NILAI TUKAR RIIL TERHADAP NERACA PERDAGANGAN (ade ridha nasrijal, 2014)

PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP EMISI CO2 DI INDONESIA (Noor Muhammad Tarqi, 2015)

PENGARUH NILAI KURS TERHADAP NERACA PERDAGANGAN MINYAK BUMI INDONESIA (Safriyati, 2016)

PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN TRADING DAY SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN PROPERTY & REALESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014 (Dedi Setiawan, 2016)

PENGARUH BI RATE, THE FED RATE, DAN KURS TERHADAP KESEIMBANGAN NERACA PEMBAYARAN INDONESIA (RATNA MUTIA DEWI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy