PENGARUH BEBERAPA VARIETAS DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH BEBERAPA VARIETAS DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)


Pengarang

Uswatun Hasanah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0605101010042

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

635.63

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui varietas dan jarak tanam yang sesuai dan nyata tidaknya interaksi antara kedua faktor terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh yang dimulai dari. 5 Mei sampai dengan 27 juni 2013. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan dengan demikian terdapat 27 satuan percobaan. Adapun peubah-peubah yang diamati pada penelitian ini adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah cabang produktif, jumlah tinggi tanaman umur 10 dan 20 HST, persentase bunga menjadi buah, jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman, berat per buah, diameter buah, panjang buah dan potensi hasil perhektar. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa varietas pada tanaman mentimun berpengaruh sangat nyata terhadap panjang buah, diameter buah dan panjang buah, berengaruh nyata terhadap panjang tanaman mentimun umur 20 HST serta tidak berpengaruh nyata terhadap panjang tanaman umur 10 HST, persertase bunga menjadi buah, jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman dan potensi hasil per hektar. Jarak tanam berpengaruh sangat nyata terhadap berat buah per tanaman, berat per buah, panjang buah dan potensi hasil per hektar namun tidak berpengaruh nyata terhadap panjang tanaman umur 10 dan 20 HST, persentase bunga menjadi buah, jumlah buah per tanaman dan diameter buah. Terdapat interaksi yang nyata antara varietas dan jarak tanam terhadap panjang buah mentimun.
Kata kunci : Varietas, Jarak Tanam, Mentimun.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK