//

PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN TEKNIK LOT SIZING (STUDI KASUS PERSEDIAAN BAHAN BAKU FIBER DI PERUSAHAAN CV. FIBERINDO KREATIF BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arisa Novijuita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan industri di Indonesia terus tumbuh sejalan dengan berkembangnya teknologi dan sistem produksi. Meningkatnya kebutuhan suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan merupakan salah satu penyebab pertumbuhan industri di Indonesia. Salah satu bagian yang harus dikelola dengan baik adalah perencanaan persediaan (Inventory) bahan baku untuk menghasilkan persediaan yang optimum. Penelitian ini menggunakan bahan baku untuk memproduksi fiber pada CV Feberindo Kreatif, Banda Aceh. Untuk menghitung jumlah permintaan produk selama dua belas periode mendatang menggunakan metode peramalan smoothing exponential dari holt dengan nilai MAPE sebesar 15% dan MAD sebesar 34,26. Sedangkan untuk perencanaan persedian bahan baku menggunakan metode algoritma wagner within, dan economic order quantity yang merupakan teknik lot sizing dengan tujuan untuk mengoptimalkan persediaan dan meminimalkan biaya total persediaan. Teknik lot sizing dengan metode Algoritma wagner within menghasilkan total biaya pemesanan sebesar Rp 48.850.000, sedangkan metode economic order quantity menghasilkan total biaya sebesar Rp 66.859.600 selama 12 periode perencanaan. Pemesanan bahan baku dipesan sebelum masa produksi, dengan waktu tenggang pemesanan selama tiga hari. Kata Kunci : Perencanaan Persediaan, Metode Lot Sizing, Smoothing Exponential dari Holt, Algoritma Wagner Within, Economic Order Quantity

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK KOPIAH DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) (STUDI KASUS: CV. MONISA SOUVENIR) (Muhammad Suhail, 2017)

ANALISIS PERHITUNGAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MEMPERLANCAR PROSES PRODUKSI PADA PANTE PIRAK BAKERY & CAKE BANDA ACEH (Yuliandra, 2015)

ANALISIS ECONOMIC ORDER QUANTITY TERHADAP PREDIKSI PERSEDIAAN (STUDI EMPIRIS PADA UMKM MANUFAKTUR DI KOTA BANDA ACEH) (MELY BEAUTY NINGSIH, 2021)

PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN IKAN CAKALANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN INVENTORI PROBABILISTIK (STUDI KASUS : PT. ACEH LAMPULO JAYA BAHARI – BANDA ACEH) (Ilham Akbar Alfadil, 2017)

PERENCANAAN PERSEDIAAN DAN PEMESANAN BAHAN BAKU DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK (STUDI KASUS: PT SAMANA CITRA AGUNG) (Muhammad Jeyhan Satria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy