//

PERBEDAAN HASIL SPIROMETRI PENDERITA ASMA DEWASA MUDA DENGAN PENDERITA ASMA USIA LANJUT DI POLI PARU RSUDZA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Ratnasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Asma merupakan inflamasi saluran napas kronis yang melibatkan berbagai sel imun. Di Indonesia, prevalensi gejala asma mengalami peningkatan dari 4,2% menjadi 5,4% atau sekitar 11 juta orang, dan asma merupakan 10 besar penyebab kesakitan dan kematian. Di Aceh, persentase asma merupakan persentase terkecil dibanding provinsi lain yaitu 0,09%. Asma dapat terjadi pada anak-anak, dewasa muda, dewasa pertengahan maupun usia lanjut. Derajat kekambuhan asma dapat dilihat secara objektif berdasarkan penilaian fungsi paru yaitu spirometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil spirometri pada penderita asma dewasa muda dan penderita asma usia lanjut di Poli Paru RSUDZA Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan desain cross sectional. Peneliti membagi 2 kelompok, yaitu penderita asma dewasa muda dan penderita asma usia lanjut. Kemudian melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan serta pengukuran spirometri (VC, FVC, dan FEV1). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dilanjutkan dengan uji parametrik (uji-t) dan uji nonparametrik (mann-whitney test). Hasil penelitian mengenai perbedaan hasil spirometri pada penderita asma dewasa muda dan penderita asma usia lanjut didapatkan nilai pVC: 0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2014)

HUBUNGAN GEJALA GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD) DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM ZAINOEL ABIDING BANDA ACEH PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2014 (Dwi Prianto, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2016)

HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PENDERITA ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (FADLY HARIZULHAKIM, 2017)

HUBUNGAN DERAJAT BERAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA BRONKIAL DI RSUDZA BANDA ACEH (Rizti Aqli, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy