//

PENERAPAN DIRECT INSTRUCTIONS BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosmalina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang penerapan Direct Instructions berbantuan multimedia untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran Direct Instructions berbantuan multimedia pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2014 sampai dengan Februari 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 sampai XI IPA5 SMA Negeri 1 Bandar Baru Pidie Jaya berjumlah 125 siswa dengan dua kelas sampel yang diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas eksperimen (XI IPA1) dan kelas kontrol (XI IPA2) yang terdiri dari 24 dan 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan postest pemahaman konsep dan keterampilan proses sains yang terdiri dari 50 dan 20 item tes. Data peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains berupa gain ternormalisasi (N-Gain) yang dianalisis dengan uji parametrik independent sample t-test dan uji non parametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui penerapan Direct Instructions berbantuan multimedia pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Kata kunci: Direct Instruction berbantuan multimedia, pemahaman konsep, keterampilan proses sains, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA CAMTASIA STUDIO BERBANTUAN HANDOUT DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (DEWI MUTIA MAIDANI , 2016)

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH (AINOL MARDIYAH, 2019)

PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN (Nurul Fitriana, 2017)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy