//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Andria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Problem Based Learning, metakognisi, hasil belajar Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem pada Manusia dalam Meningkatkan Metakognisi dan Hasil belajar Siswa di SMP Negeri 14 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan metakognisi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model PBL dalam meningkatkan metakognisi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola kelompok tunggal, dan jenis penelitian ini adalah “One Group Pre-test Post-test Design. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran MAI (Metacognitive Awareness Inventory) untuk mengukur tingkat metakognisi dan perangkat tes untuk mengukur hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menghitung selisih antara skor pre-test dan skor post-test. Pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil analisis uji t pada metakognisi didapat thitung > ttabel yaitu 2.26 > 1.72. Hasil analisis uji t pada hasil belajar didapat thitung > ttabel yaitu 22.65 > 1.72. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan yang signifikan pada penggunaan model PBL dalam meningkatkan metakognisi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 14 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Maida Rindi, 2017)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Hidayah, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rosdiana Meliana Situmorang , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy