//

PERSISTENSI INFLASI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fuad Ridzqi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Fuad Ridzqi Nomor Induk Mahasiswa : 1101101010044 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Judul Skripsi : Persistensi Inflasi Provinsi Aceh Konsentrasi : Ekonomi Moneter Pembimbing : Suriani, S.E., M.Si Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat persistensi inflasi di Provinsi Aceh. Dengan menggunakan model autoregressive, tingkat persistensi yang dihitung adalah tingkat persistensi inflasi secara umum dan tingkat persistensi inflasi kelompok komoditas pembentuk Indeks Harga Konsumen (IHK). Disamping itu penelitian ini juga mengeksplorasi sumber tekanan inflasi dari kelompok komoditas tersebut dengan menggunakan model penyesuaian parsial (Partial Adjustment Model). Masa pengamatan adalah periode 2005-2014 dengan menggunakan data inflasi bulanan year on year. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tingkat persistensi inflasi secara umum di Provinsi Aceh relatif rendah. Namun demikian ada beberapa variabel tingkat inflasi kelompok komoditas IHK yang melebihi tingkat persistensi inflasi secara umum. Sumber tekanan inflasi yang ditemukan juga berasal dari dua variabel dengan tingkat persistensi yang relatif tinggi dari variabel lainnya yaitu variabel kelompok komoditas bahan makanan (BM) dan kelompok komoditas perumahan, air, listrik, gas, bahan bakar (PERAL). Jika dilihat dari disagregasinya kedua variabel ini mewakili komponen inflasi volatile foods dan inflasi administered price. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada stakeholder terkait agar memperkuat koordinasi dan bersinergi untuk mengawal, mencegah, dan mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh komponen volatile foods dan administered price terhadap inflasi dengan cara menjaga ketersediaan pasokan barang (supply stock) dan mengatur harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat . Kata Kunci : Persistensi Inflasi, Autoregressive, Komoditas IHK.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PERSISTENSI LABA, DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX) (RINA MALAHAYATI, 2016)

PENGARUH BOOK-TAX DIFFERENCE, ARUS KAS AKRUAL, DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PERSISTENSI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2014 (INTAN ZAHRATUL MUHAIRAH, 2017)

PENGARUH VOLATILITAS ARUS KAS, BESARAN AKRUAL, VOLATILITAS PENJUALAN, TINGKAT UTANG DAN SIKLUS OPERASI TERHADAP PERSISTENSI LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PERIODE TAHUN 2009-2014) (Musshaf Al Imam, 2018)

PENGARUH TINGKAT HUTANG DAN ARUS KAS AKRUAL TERHADAP PERSISTENSI LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN PROPERTY AND REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014) (Nurul Fitriana, 2016)

PENGARUH TINGKAT PENGANGGURAN, INFLASI DAN UPAH MINIMUM PROVINSI TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI PROVINSI ACEH (RUSYQY FUAD ARSA BARUS, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy