//

ANALISIS WACANA FEATURE NEWS 10 TAHUN TSUNAMI ACEH DI MEDIA ONLINE DETIKNEWS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT DIAN PERMATA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Wacana Feature News 10 Tahun Tsunami Aceh di Media Online Detiknews”. Berita feature mengenai korban dan objek Tsunami di media online Detiknews merupakan berita populer dan dapat dijadikan objek penelitian terutama mengenai kaidah bahasa dalam jurnalistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi wacana pemberitaan 10 tahun Tsunami Aceh di media online Detiknews.com. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori wacana Van Dijk dengan tiga elemen analisis yaitu teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan membuat beberapa kriteria terhadap informan. Dari enam berita feature yang ditayangkan pada tanggal 24 Desember 2014, ada empat berita yang dipilih untuk dianalisis. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dari dimensi teks, pemberitaan dibuat sangat detil sehingga memenuhi semua unsur analisis teks; struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Hasil analisis kognisi sosial menunjukkan bahwa wartawan memilih angle kisah keajaiban korban Tsunami dan untuk memperdalam pengetahuan tentang suatu topik pemberitaan, wartawan terlebih dahulu melakukan survei lapangan. Hasil analisis konteks sosial yaitu melalui berita ini, masyarakat memandang peringatan tsunami sebagai momentum refleksi atas peristiwa bersejarah tersebut dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Wacana media bukan hanya teks semata, tapi lahir dari realitas dan dikonstruksikan oleh pihak dibalik wacana yakni wartawan dan redaksi media. Kata kunci: Berita feature, Analisis Wacana, Detiknews, Tsunami

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PROSTITUSI ONLINE PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (Luky Ana Arsa, 2019)

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS PEMERKOSAAN OLEH REYNHARD SINAGA DI MEDIA ONLINE KOMPAS DAN THE GUARDIAN (LIA CAESARINA, 2021)

PENENTUAN TOPIK BERITA TERPOPULER DARI PORTAL BERITA ONLINE DALAM PERIODE WAKTU TERTENTU (Dian Basri, 2014)

ANALISIS WACANA PEMBERITAAN ROSNIDA SARI DAN BELAJAR GENDER DI GEREJA PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (FUJI LESTARI, 2016)

EKSPRESI PENDUKUNG CALON PRESIDEN DALAM KONTESTASI POLITIK PILPRES 2019 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (RACHMAT HIDAYAT, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy