//

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI UBI KAYU DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD REZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Usahatani ubi kayu merupakan salah satu tanaman pangan utama yang diusahakan oleh petani di dearah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dan kelayakan dari usahatani ubi kayu di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Yang menjadi populasi adalah seluruh rumah tangga yang menanam ubi kayu di Kecamatan Lembah Seulawah berjumlah 320 KK yang tersebar dalam 3 gampong, yaitu Saree Aceh 119 KK, Suka Damai 102 KK dan Suka Mulia 99 KK. Sampel diambil 10% secara random sampling dari jumlah populasi masing-masing gampong, yang berjumlah 32 KK dengan rincian 12 KK dari Sare Aceh, 10 KK dari Suka Damai dan 9 KK dari Suka Mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tani ubi kayu di Kecamatan Lembah Seulawah menguntungkan dan layak diusahakan. Hal ini dapat dilihat dari nilai keuntungan Rp13.759.354,27/petani/priode atau Rp. 21.609.783,40/Ha/priode, R/C sebesar 3,72, ROI sebesar 273%. BEP luas lahan adalah 0,17 Ha, artinya agar petani tidak mengalami kerugian, maka luas lahan minimum yang harus ditanami ubi kayu adalah 0,17 ha atau 1.700 m2, sedangkan rata-rata luas lahan garapan usahatani ubi kayu di Lembah Seulawah adalah 0,64 ha atau di atas luas lahan minimum. Kata Kunci : Keuntungan, Kelayakan, Lahan Minimum, dan Ubi Kayu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEUNTUNGAN USAHATANI BENGKUANG DAN UBI JALAR YANG DITUMPANGSARIKAN PADA LABAN TANAMAN KAKAO DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Fhadilah Andriany, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

ANALISIS KEUNTUNGAN PERALIHAN TANAMAN JAGUNG MANIS KE TANAMAN PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULA WAH ACEH BESAR (RAHMANIZA, 2020)

PERAN PEREMPUAN DALAM USAHAT ANI BENGKUANG DI DESA BLANG LAMBARO KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Sartika, 2020)

PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PEPAYA DI DESA TELADAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rama Merinasari, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy