//

PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA MENGGUNAKAN ANALISIS GEROMBOL PADA INDIKATOR PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Kesuma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk kelompok dengan data persentase pelayanan kesehatan ibu hamil di 23 Kabupaten/Kota Provinsi Aceh pada tahun 2013. Metode yang digunakan untuk membentuk kelompok adalah dengan metode gerombol average linkage dan metode median clustering. Hasil gerombol dari kedua metode tersebut akan dibandingkan untuk mendapatkan gerombol optimal terhadap data persentase pelayanan kesehatan ibu hamil. Langkah–langkah dalam analisis gerombol yaitu menentukan ukuran kemiripan atau ketidakmiripan antar data, proses penggerombolan dengan matriks jarak dan agglomeration schedule, melakukan perbaikan matriks jarak dengan metode average linkage dan median clustering, menentukan jumlah gerombol dan anggotanya, menginterpretasi hasil gerombol yang dibentuk, dan menentukan batas penggerombolan untuk menggambarkan karakteristik pelayanan kesehatan ibu hamil pada setiap gerombol. Hasil akhir yang diperoleh yaitu pada metode average linkage dan median clustering membentuk 4 gerombol yaitu gerombol pertama 1 kabupaten/kota, gerombol kedua 9 kabupaten/kota, gerombol ketiga 1 kabupaten/kota dan gerombol keempat 12 kabupaten/kota. Pada perbandingan nilai simpangan baku (s), nilai terkecil dimiliki oleh me-tode average linkage dan metode median clustering. Hal ini menunjukan bahwa kedua metode tersebut baik digunakan pada data penelitian ini.Kata kunci : Analisis gerombol, Average linkage, Median clustering, Simpangan baku

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN K-MEANS SOFT CONTSTRAINT DALAM MENANGANI DATA TIDAK LENGKAP UNTUK MENENTUKAN PEMBOBOTAN TERBAIK (IRMADAYANI RAY, 2018)

PENGGEROMBOLAN PADA DATA TIDAK LEMGKAP DENGAN MENGGUNAKAN PARTIAL DISTANCE STRATEGY (Iranda Afrina, 2016)

ANALISIS DISKRIMINAN DALAM MENENTUKAN FUNGSI PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA BERDASARKAN INDIKATOR INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (LYRA ORNILA, 2017)

HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DAN PEMENUHAN ASUPAN GIZI PROTEIN HEWANI DENGAN DERAJAT KESEHATAN IBU HAMIL DI DUA LAYANAN KESEHATAN KABUPATEN NAGAN RAYA (Yuliani Safmila, 2016)

PERBANDINGAN METODE GEROMBOL PAUTAN LENGKAP DAN PAUTAN RATAAN UNTUK PENGELOMPOKAN KEMISKINAN KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA (AKHYAR WIJAYA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy