//

MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL INKUIRI PADA MTSN KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVA ZULYANI - Personal Name
SubjectLEARNING MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL INKUIRI PADA MTsN KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE Oleh: Eva Zulyani NIM: 1309200050027 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Khairuddin, M. Pd. ABSTRAK Manajemen pembelajaran merupakan suatu sistem pengarahan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan yang dilakukan secara terencana, yang mencakup beberapa hal di antaranya manajemen pembelajaran, manajemen kesiswaan, manajemen hubungan madrasah dengan masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan untuk proses pelaksanaan pendidikan. Di lembaga pendidikan, guru menjadi orang pertama yang bertugas membimbing, mengajar, mendidik dan melatih siswa untuk mencapai kedewasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara khusus manajemen pembelajaran IPA dengan model inkuiri dalam proses belajar mengajar yang meliputi: (1) Perencanaan program pembelajaran IPA dengan model inkuiri. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model inkuiri. (3) Evaluasi program pembelajaran IPA dengan model inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru IPA dan siswa MTsN Kembang Tanjung Kabupaten Pidie. Hasil penelitian yang ditemukan: (1) Perencanaan program pembelajaran IPA yang dipersiapkan guru IPA sebelum melaksanakan proses belajar mengajar yaitu terdiri dari: identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu, sumber/alat pembelajaran dan penilaian hasil; (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model inkuiri untuk materi kemagnetan terdiri dari: membuka pelajaran, mendorong partisipasi aktif siswa untuk melakukan percobaan, menggunakan media pembelajaran, mendiskusikan hasil percobaan dan menarik kesimpulan (3) Evaluasi pembelajaran IPA dengan model inkuiri terdiri dari: penilaian berupa observasi tes lisan dan tulisan. Diharapkan kepada guru IPA perlu menyesuaikan model pembelajaran yang lebih menyenangkan dan terpadu dalam menyampaikan materi, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran dan Model Inkuiri

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMP NEGERI 2 KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE (fatmawati, 2013)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SAWAH DI KECAMATAN KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE (Noval, 2021)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTSN 3 PIDIE KECAMATAN KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE (ULLY DAIYANA, 2019)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MTSN 4 PIDIE (MINA FITRIANA, 2019)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM RNPADA MTSN BAMBONG KABUPATEN PIDIE (Ismail, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy