//

PENGARUH DETERJEN RINSO DAN ATTACK JAZ 1 TERHADAP PERTUMBUHAN PAKU AIR (AZOLLA MICROPHYLLA) DALAM MENURUNKAN KADAR BOD DAN COD

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARI LESTARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pencemaran lingkungan di perairan yang disebabkan oleh limbah domestik yang bersifat cair, berasal dari buangan limbah yang mengandung deterjen, antara lain limbah rumah tangga, laundry, rumah makan serta pabrik. Upaya untuk mengatasi pencemaran akibat limbah deterjen dapat dilakukan dengan cara fitoremediasi menggunakan Azolla microphylla. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tumbuhan Azolla microphylla dalam menurunkan kadar BOD dan COD. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan larutan deterjen Rinso dan Attack Jaz 1 konsentrasi 75 ppm, 150 ppm, 225 ppm dan 300 ppm serta tanpa penggunaan deterjen (kontrol). Tumbuhan Azolla microphylla ditumbuhkan selama 1 minggu dengan maksud aklimatisasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan ANAVA dan uji lanjut DMRT pada taraf 0,01 untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap parameter yang diuji. Berdasarkan pengolahan data pada perlakuan deterjen Rinso, diperoleh Fhitung = 165,3, sedangkan Ftabel 11,39, sehingga Fhitung > Ftabel atau 165,3 > 11,39 maka terdapat pengaruh antara penggunaan tumbuhan Azolla microphylla pada berbagai konsentrasi larutan deterjen Rinso terhadap kadar BOD dan COD. Hasil pengolahan data pada perlakuan deterjen Attack Jaz 1, diperoleh Fhitung = 37,09, sedangkan Ftabel 11,39, sehingga Fhitung > Ftabel atau 37,09 > 11,39 maka terdapat pengaruh antara penggunaan tumbuhan Azolla microphylla pada berbagai konsentrasi larutan deterjen Attack Jaz 1 terhadap kadar BOD dan COD.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN FITOREMEDIASI TYPHA LATIFOLIA L. DALAM MENURUNKAN KADAR PHOSPAT PADA BEBERAPA DETERJEN (Sri Wahyuni, 2016)

PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBERIKAN AZOLLA MICROPHYLLA FERMENTASI DENGAN DOSIS BERBEDA SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN DAPHNIA MAGNA (Fitriana Sri Wahyuny, 2017)

VARIASI PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH KULIT KOPI ARABIKA TERHADAP PERTUMBUHAN AZOLLA MICROPHYLLA (Khairul Umam, 2016)

PENGARUH APLIKASI AZOLLA MICROPHYLLA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Mutiara Tama, 2019)

PERTUMBUHAN AZOLLA MICROPHYLLA DENGAN KOMBINASI PUPUK KOTORAN TERNAK YANG BERBEDA (eva surdina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy