//

PENGARUH DURASI PENYINARAN TERHADAP KEBOCORAN MIKRO RESTORASI RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL KEDOKTERAN GIGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penyinaran Terhadap Kebocoran Mikro Restorasi Resin Komposit Nano Partikel Kedokteran Gigi Kebocoran mikro merupakan celah berukuran mikro antara tepi kavitas dengan restorasi resin komposit yang dapat disebabkan oleh terjadinya polimerisasi shrinkage. Durasi penyinaran merupakan salah satu cara untuk mengurangi terjadinya polimerisasi shrinkage sehingga terjadinya kebocoran mikro dapat diminimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi penyinaran terhadap kebocoran mikro restorasi resin komposit nano partikel dalam kedokteran gigi. Jenis penelitian ini bersifat eksperimental laboratoris. Dua puluh gigi premolar manusia direstorasi pada bagian bukal dengan ukuran kavitas 3x2x2 mm di bagian sepertiga servikal mahkota gigi. Spesimen dibagi dalam 2 kelompok, kelompok pertama disinari dengan durasi 20 detik dan kelompok kedua disinari dengan durasi 40 detik menggunakan (intensitas sinar 1100 mW/cm2). Spesimen lalu direndam dalam larutan methylene blue dan disimpan di dalam inkubator selama 24 jam dengan suhu 37°C. Spesimen kemudian dipotong secara longitudinal menggunakan carborundum disc. Kebocoran mikro yang terjadi diamati dan diukur menggunakan stereomikroskop dan lensa okuler mikrometer. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik Mann-Whitney (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH WAKTU PENYINARAN TERHADAP KEKUATAN DIAMETRAL KOMPOSIT NANO PARTIKEL KEDOKTERAN GIGI (SILVIA TRISKAVALENI, 2016)

PERBANDINGAN KEBOCORAN MIKRO ANTARA BASIS GIC CONVENTIONAL DAN RMGIC PADA RESTORASI RESIN KOMPOSIT NANOFILLER DENGAN TEKNIK SANDWICH (Citra Feriana Putri, 2015)

STUDI PENGGUNAAN ADHESIF TOTAL-ETCH DAN SELF-ETCH PADA RESTORASI RESIN KOMPOSIT NANOFILLER TERHADAP KEBOCORAN MIKRO PADA DENTIN (HARIYATI, 2020)

PERBEDAAN PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL SETELAH DIRENDAM DALAM TEH ROSELA DAN TEH HITAM (ELIZA, 2016)

STUDI PENGGUNAAN ADHESIF TOTAL-ETCH DAN SELF-ETCH PADA RESTORASI RESIN KOMPOSIT NANOFILLER TERHADAP KEBOCORAN MIKRO PADA EMAIL (NISKA DARLIANTI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy