//

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KESEHATAN REPRODUKSI PADA SITUASI DARURAT BENCANA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA PRODI D-III KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang mutia yacob - Personal Name
SubjectADOLESCENT
REPRODUCTION
DISASTERS - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KESEHATAN REPRODUKSI PADA SITUASI DARURAT BENCANA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA PRODI D-III KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES ACEH ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan terhadap bencana dan tidak dapat diperkirakan kapan terjadinya. Untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat bencana maka perlu dilakukan fase persiapan menghadapi bencana, diantaranya pendidikan dan pelatihan penduduk untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mereka tentang kesehatan reproduksi dalam situasi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul kesehatan reproduksi pada situasi darurat bencana terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mahasiswa Prodi D-III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh dalam menghadapi bencana. Penelitian Quasi exsperiment dengan menggunakan rancangan one group pretes posttest design terhadap 78 mahasiswa TK II Prodi D-III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan responden sebelum intervensi adalah 11,73 dan sesudah intervensi meningkat menjadi 16,3. Nilai rata-rata sikap responden sebelum intervensi adalah 31,44 dan sesudah intervensi meningkat menjadi 34,00. Hasil uji Paired Sampel T Tes didapatkan P value = 0,0001 artinya ada perbedaan yang significan pengetahuan dan sikap responden sebelum dan sesudah intervensi. Maka kepada Direktur dan Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh disarankan agar dapat menyediakan Poliklinik Khusus Kebencanaan di kampus dan selalu mengevaluasi penggunaan modul pembelajaran kesehatan reproduksi kebencanaan agar pemberian informasi dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa. Kata Kunci : Modul Kesehatan Reproduksi, Situasi Darurat Bencana, Pengetahuan, Sikap.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS MODEL FASILITAS SANITASI DI TEMPAT PENAMPUNGAN SEMENTARA PADA MASA TANGGAP DARURAT BENCANA BANJIR BANDANG (STUDI KASUS BANJIR BANDANG DI KECAMATAN TANGSE TAHUN 2011) (NASRUDDIN, 2015)

STRATEGI PELAYANAN KESEHATAN REPRODUKSI DALAM SITUASI DARURAT BNECANA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN PIDIE (Siti Munauwarah, 2014)

EFEKTIVITAS PELATIHAN BENCANA PRE HOSPITAL GAWAT DARURAT DALAM PENINGKATAN EFIKASI DIRI KELOMPOK SIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANA PADA MAHASISWA STIKES PERINTIS PADANG (KALPANA KARTIKA, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP BENCANA DAN KETERAMPILAN BASIC LIFE SUPPORT DENGAN KESIAPSIAG AAN BENCANA GEMPA BUMI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN POLTEKKES BANDA ACEH (Budimanto, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH (R.A. NINGRUM PRATIWI A, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy