//

ANALISIS CORAL BLEACHING DAN SOLUSI PERMASALAHAN DI IBOIH PULAU RUBIAH, KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Fajar Afridayanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Analisis, Coral Bleaching, Iboih, Pulau Rubiah, Sabang BMI (Bleaching and Mortality Index) Penelitian tentang “Analisis Coral Bleaching dan Solusi Permasalahannya di Iboih Pulau Rubiah, Kota Sabang” telah dilaksanakan dari Agustus s.d September 2015. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui jumlah spesies karang yang mengalami pemutihan (coral bleaching) di Iboih Pulau Rubiah Kota Sabang, (2) untuk mengetahui Bleaching and Mortality Index (BMI) dari pemutihan karang (coral bleaching) yang terjadi di Iboih Pulau Rubiah Kota Sabang, (3) untuk mengetahui penyebab terjadinya pemutihan karang (coral bleaching) di Iboih Pulau Rubiah Kota Sabang, (4) untuk mengetahui solusi permasalahan pemutihan karang (coral bleaching) di Iboih Pulau Rubiah Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan metode Manta Tow dengan teknik analisis data secara deskriptif. Tingkat bleaching digunakan BMI (Bleaching and Mortality Index). Hasil penelitian diperoleh 24 spesies terumbu karang yang dikelompokkan menjadi 16 genus, 8 famili, 1 ordo, 1 kelas dan 1 filum, faktor penyebab bleaching adalah faktor abiotik (pH, suhu, kecerahan air, salinitas) dan faktor biotik (biologi) berupa spesies perusak karang (Echinoidea dan Holothuroidea) serta aktivitas masyarakat (menginjak karang, boat penyeberangan). Nilai BMI berkisar antara 0,33 sampai dengan 5,66. Kesimpulan penelitian adalah (1) karang yang mengalami bleaching adalah 24 spesies, (2) tingkat bleaching rendah sampai dengan tinggi (3) penyebab terjadinya bleaching adalah faktor abiotik, faktor biotik (biologi) dan faktor tingginya aktivitas masyarakat dan (4) solusi permasalahannya adalah dengan pencegahan aktifitas manusia yang dapat merusak karang dan melakukan penanggulangan atau penyembuhan karang yang telah mengalami bleaching.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONDISI TERUMBU KARANG DI PERAIRAN PULAU BATEE KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Saiful Mahlil, 2017)

VEGETASI PANTAI DI PULAU RUBIAH KECAMATAN SUKAKARYA, KOTA SABANG (CHINTYA FEBRY RAMADHANI, 2016)

ANALISIS KEPADATAN BULU BABI (DIADEMA SETOSUM) PADA SUBSTRAT YANG BERBEDA DI ZONA SUBLITORAL PULAU RUBIAH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG (Teuku Harry Novianda, 2019)

IDENTIFIKASI ORGANISME KRIPTIK BRACHYURA (KRUSTASEA) PADA KARANG MATI POCILLOPORA DI PERAIRAN SABANG (Muhammad Tawakkal, 2017)

PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI KAWASAN MATA IE KECAMATAN DARUL IMARAH DAN DI GAMPONG IBOIH PULAU WEH SABANG (Raudhatul Husna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy