//

PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN KUANTITATIF DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIFQIL FUAD - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Bimbingan Belajar Kemandirian belajar merupakan suatu sikap yang ditunjukkan oleh seseorang untuk melakukan aktivitas belajar secara mandiri atas dasar motivasi sendiri yang bersumber dari pengalaman dan latihan tanpa bergantung pada orang lain dalam menguasai materi belajar. Salah satu layanan konseling yang dapat membentuk kemandirian belajar siswa adalah bimbingan belajar. Tujuan dari penelitian tentang kemandirian belajar ini adalah untuk melihat gambaran kemandirian belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar dan menemukan perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan simple random sampling dengan jumlah 160 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara analisis uji t dengan formula independent sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa antara yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar tergolong rendah. Dengan nilai t sebesar 0,81 dan sig. hitung 0,418 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 diterima artinya tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Desi Firdayanti, 2019)

“PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJARRNDENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR (LES) PADA MATA PELAJARANRNIPS DI KELAS IV GUGUS LANGSAT BANDA ACEH” (maisyarah, 2014)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR PADA JURUSAN IPS SMU NEGERI 1 LHOKSEUMAWE (Fakhriah, 2021)

HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (SYARIFAH RAIHAN MAHFUDZAH, 2020)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Novita Sari, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy