//

POLA PEMBINAAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEDI SAPUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Pola Pembinaan Orang Tua, Perilaku Sosial Anak. Penelitian ini membahas tentang: Pola Pembinaan Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil perilaku sosial anak di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, (2) Bagaimana penerapan pola pembinaan yang dilakukan oleh orang tua dan pengaruhnya terhadap perilaku sosial anak di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui profil perilaku sosial anak di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, (2) Untuk mengetahui penerapan pola pembinaan yang dilakukan oleh orang tua dan pengaruhnya terhadap perilaku sosial anak di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang tua serta 15 orang anak dari Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Profil perilaku sosial anak di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya yang sering ditampilkan akibat dominasi pola pembinaan orang tua yang diterapkan secara tepat atau baik seperti pola asuh demokratis antara lain yaitu suka bekerja sama, murah hati, bersikap simpati, empati. Profil perilaku sosial anak dari pola pembinaan otoriter orang tua antara lain yaitu suka membangkang, kurang inisiatif, gugup. Sedangkan profil perilaku sosial anak dari pola pembinaan permisif orang tua antara lain yaitu agresif, menentang atau tidak dapat bekerjasama dengan orang lain dan emosi kurang stabil, (2) Pola pembinaan yang diterapkan oleh orang tua di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya umumnya adalah pola asuh demokratis. Pola pembinaan yang diterapkan orang tua membawa pengaruh terhadap perilaku sosial anak, dimana pada hakikatnya apapun perilaku yang ditampilkan anak merupakan hasil dari binaan dan didikan orang tuanya masing-masing. Apabila orang tua memberlakukan pola pembinaan yang baik seperti pola asuh demokratis, maka dengan sendirinya prilaku sosial yang ditampilkan oleh anak dalam kehidupan sehari- harinya pun menjadi baik sesuai dengan arahan dan bimbingan dalam keluarganya. Sebaliknya jika orang tua menerapkan pola pembinaan otoriter dan permisif, maka akan menghasilkan anak yang berperilaku anti sosial atau tidak peduli terhadap sesama. Disarankan kepada orang tua hendaknya mampu menerapkan pola asuh yang tepat, berorientasi bukan hanya pada apa yang menjadi kehendak orangtua, tetapi juga pada yang anak butuhkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

DUKUNGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK (SUATU PENELITIAN PADA ORANG TUA SISWA DI ALEUTHO KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA) (Erna Yusnita, 2018)

PERILAKU PEMILIH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (STUDI DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA) (Munawir Syahputra, 2016)

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Fatisa Herlinda, 2014)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Tuti Hajani, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy