//

FERMENTASI KACANG TUNGGAK (VIGNAUNGUICULATA(L.) WALP.)DALAM PEMBUATAN TEMPE DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI JENIS RAGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amelia Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang “Fermentasi Kacang Tunggak (Vigna unguiculata (L.) Walp.) dalam Pembuatan Tempe dengan Menggunakan Berbagai Jenis Ragi” pada bulan Februari sampai dengan September 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas warna, aroma, tekstur, dan rasa tempe kacang tunggak yang diberikan ragi dari media tumbuh yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah kualitas warna, aroma, tekstur, dan rasa tempe. Teknik pengumpulan data adalah dengan uji organoleptik mutu. Data dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANAVA) pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kesukaan panelis terhadap warna, aroma, tekstur, dan rasa pada tempe kacang tunggak. Tempe yang paling disukai panelis adalah tempe kacang tunggak dengan menggunakan ragi dari media tumbuh ubi kayu karena memiliki warna, aroma, tekstur, dan rasa yang terbaik. Kata Kunci: Kualitas Tempe, Kacang Tunggak, Berbagai Jenis Ragi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KANDUNGAN PROTEIN DAN TINGKAT KESUKAAN TEMPE YANG TERBUAT DARI ANGGOTA FAMILIA FABACEAE (WINDA YURSILLA, 2015)

OPTIMASI PROSES PEMBUATAN MINYAK SIMPLAH, MINYAK PLIEK U DAN PLIEK U DENGAN VARIASI JENIS STARTER CULTURE DAN LAMA FERMENTASI (DAHAN KURNIA ALFIATI, 2019)

UJI MUTU TEMPE KEDELAI DENGAN RAGI BERMEDIA TUMBUH UBI KAYU DAN NASI (SISILA ANGGRAINI, 2018)

KAJIAN KANDUNGAN PROTEIN PADA AMPAS SUSU KEDELAI SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KECAP (Ratih Yunitasari, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN DEDAK PADI HASIL FERMENTASI RAGI (SACCHAROMYCES CEREVISIAE) TERHADAP PERTUMBUHAN ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS) (Novita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy