//

HUBUNGAN INSOMNIA DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI HARTINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mahasiswa Fakultas Kedokteran saat ini dituntut dapat membagi waktu baik untuk belajar maupun aktif dalam berbagai kegiatan di kampus. Mahasiswa juga membutuhkan waktu untuk tidur yang cukup. Tidur dapat mengurangi keluhan, mengembalikan tenaga dan semangat. Beberapa individu mengalami gangguan tidur, salah satunya adalah insomnia. Insomnia dapat menyebabkan timbulnya masalah akademik pada mahasiswa, yaitu gangguan kognitif seperti gangguan proses pikir, konsentrasi, memori dan kemampuan berbahasa yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan insomnia terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan adalah 224 orang yang diambiI secara acak pada angkatan 2010-2011 dan dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan skala insomnia yaitu 75 orang yang tidak mengalami insomnia, 116 mengalami insomnia ringan dan 33 orang insomnia sedang. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Chi-Squarerutung 140,845 dan p-value - 0,000 (Chi- Squaretabel = 5,991 dan nilai ekspektasihitung = 0%). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa insomnia memiliki hubungan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Unsyiah Banda Aceh. Kata Kunci: insomnia, pre stasi belajar, mahasiswa fakultas kedokteran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Diana Hasmarina, S.Ked, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MENJELANG OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAM (OSCE) PERTAMA DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Maulida, 2014)

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (eka maulidya, 2014)

PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA BERDASARKAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 (Suria Kusuma Alam, 2017)

HUBUNGAN STATUS GIZI, AKTIVITAS FISIK DAN KUALITAS TIDUR DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM BANDA ACEH (Thifla Farhani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy