//

GAMBARAN PERIODONTITIS PADA RESIDEN DI PUSAT REHABILITASI NARKOBA KOTA BANDA ACEH (STUDI DI PUSAT REHABILITASI RUMOH GEUTANYOE DAN RUMOH HARAPAN ATJEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISMAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Narkoba atau NAPZA merupakan zat yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat. Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan gangguan fisik, psikis, fungsi sosial dan menimbulkan ketergantungan. Efek narkoba pada jaringan periodonsium adalah berkaitan dengan tingkat akumulasi plak yang dihasilkan dari oral hygiene yang buruk serta xerostomia yang diperparah dengan adanya penekanan sistem imun oleh narkoba yang digunakan serta adanya perubahan profil mikrobiologis. Beberapa penelitian sebelumnya membuktikan bahwa penggunaan narkoba dapat meningkatkan risiko periodontitis. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran periodontitis pada residen di pusat rehabilitasi narkoba kota Banda Aceh. Subjek penelitian ini sebanyak 33 orang yang berasal dari pusat rehabilitasi narkoba kota Banda Aceh, diantaranya 20 subjek berasal dari Rumoh Geutanyo dan 13 subjek berasl dari Rumoh Harapan Atjeh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 27 subjek mengalami periodontitis dari 33 subjek di pusat rehabilitasi narkoba di kota Banda Aceh. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa risiko periodontitis terjadi sangat tinggi pada residen di pusat rehabilitasi narkoba kota Banda Aceh. Kata Kunci : NAPZA, narkoba, periodontitis, oral hygiene, xerostomia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT STRES DAN MEKANISME KOPING RESIDEN YANG MENGIKUTI REHABILITASI NAPZA DI BANDA ACEH (Marziah, 2018)

TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA PENGGUNA NARKOBA DI PANTI REHABILITASI KOTA BANDA ACEH(RUMOH GEUTANYO DAN YAYASAN TABINA ACEH) (Mona Fandani, 2015)

GAMBARAN KEMAMPUAN RESILIENSI PENGGUNA NAPZA DI PANTI REHBILITASI RUMOH GEUTANYO DAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI ACEH DI BANDA ACEH TAHUN 2013 (Wisdawati, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI UNTUK SEMBUH PADA RESIDEN DI INSTALASI REHABILITASI NAPZA DI BANDA ACEH (Adinda Oktaviani, 2019)

KOMUNIKASI KELOMPOK ANTAR PECANDU NARKOBA DALAM PROSES PEMULIHAN PSIKOLOGIS DAN SOSIAL DI PUSAT PENGEMBANGAN REHABILITASI YAYASAN PINTU HIJRAH (SIRAH) (HAFNITA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy