//

PENGARUH TEKNIK CURING DENGAN TEKANAN DAN TANPA TEKANAN TERHADAP MONOMER SISA RESIN AKRILIK HEAT CURED

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURACHMI ELIZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Resin akrilik heat cured adalah campuran antara monomer metil metakrilat dan polimer metil metakrilat yang mengalami proses curing dengan pemanasan. Proses polimerisasi tidak pernah terjadi dengan sempurna dan masih menghasilkan monomer sisa yang mengakibatkan reaksi iritasi, alergi dan inflamasi dalam rongga mulut. Beberapa metode polimerisasi panas dapat meminimalkan jumlah monomer sisa. Dokter gigi biasanya memilih curing tanpa tekanan untuk perebusan resin akrilik karena lebih ekonomis daripada microwave, tetapi di Indonesia beberapa dokter gigi menggunakan curing dengan tekanan untuk perebusan resin akrilik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik curing dengan tekanan dan tanpa tekanan terhadap monomer sisa resin akrilik heat cured. Penelitian ini menggunakan resin akrilik QC 20 dalam bentuk silinder dengan ukuran diameter 50±1 mm dan tebal 2±0,5 mm. Jumlah spesimen sebanyak 10 spesimen yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 5 spesimen dicuring dengan tekanan dan 5 spesimen dicuring tanpa tekanan. Pengukuran monomer sisa menggunakan Gas Kromatografi dengan jenis detektor Flame Ionization Detector (FID). Analisis statistik data penelitian ini menggunakan uji t-test independent. Hasil uji t-test independent menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna (p>0.05) antara teknik curing dengan tekanan dan tanpa tekanan. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh curing dengan tekanan dan tanpa tekanan terhadap monomer sisa resin akrilik heat cured.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM AKUADES TERHADAP PELEPASAN MONOMER SISA (FAZLIYANDA MARIA HARIDHI, 2016)

PERBEDAAN MONOMER SISA RESIN AKRILIK HEAT CURED YANG DIPOLIMERISASI DENGAN TEKANAN SETELAH PERENDAMAN DALAM LARUTAN DESINFEKTAN (Hidayati Saputri, 2016)

PENGARUH KESADAHAN AIR SEBAGAI MEDIA PERENDAMAN TERHADAP PELEPASAN MONOMER SISA RESIN AKRILIK HEAT CURED. (ariefa thaulia rahim, 2013)

PENGARUH PENGGODOKAN TERHADAP MONOMER SISA PADA ELEMEN GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK (Anna Fitria Rossa, 2016)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM REBUSAN DAUN SIRIH 5% TERHADAP JUMLAH MONOMER SISA (Fitri Hardianti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy