//

EVALUASI KEKASARAN PERMUKAAN EMAIL GIGI BOVINE SETELAH PAPARAN YOGHURT (DITINJAU DARI DURASI PERENDAMAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YAUMIL SHUADZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Yoghurt merupakan salah satu minuman probiotik dari hasil fermentasi susu yang mengandung bakteri asam laktat Streptococcus themophilus dan Lactobacillus bulgaris. Derajat keasaman dari yoghurt adalah 3,8 yang merupakan pH kritis bagi email sehingga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada email gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yoghurt terhadap kekasaran permukaan email gigi serta pengaruh paparannya berdasarkan durasi perendaman 5, 15, 30 dan 60 menit. Spesimen yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 24 gigi insisivus bovine yang kemudian dibagi menjadi 6 kelompok pemaparan yoghurt berdasarkan durasi perendaman yaitu 5, 15, 30 dan 60 menit. Perendaman dilakukan pada suhu 37oC. Pengukuran kekasaran permukaan email sebelum dan sesudah perendaman pada masing-masing spesimen dilakukan menggunakan alat Surface roughness tester. Data hasil paired t test menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DURASI PAPARAN LARUTAN ASAM SUNTI (AVERRHOA BILIMBI) TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN EMAIL GIGI (Mardiah, 2014)

EFEK YOGHURT TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN SEMEN IONOMER KACA (Rahmi Rahmita, 2016)

PENGARUH KUAH ASAM KEUENG TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN EMAIL GIGI (Syarifah Maghfirah , 2016)

HUBUNGAN POLA STRUKTUR PRISMA DAN KONSENTRASI FLUOR PADA PERMUKAAN EMAIL SETELAH PAPARAN KOPI DAN TEH (RINI MAULIDA, 2016)

PENGARUH COATING GLASS IONOMER CEMENT KAPSUL TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN SETELAH PAPARAN KOPI DAN ROKOK (Anggie Safitri H, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy