//

UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR EKSTRAK N-HEKSANA BUNGA BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA L) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kiki Rizki Ananda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur candida albicans masih menjadi masalah kesehatan di dunia. Hal ini disebabkan karena jamur tersebut telah banyak resisten terhadap obat antijamur. Beberapa penelitian yang sudah dilakukan untuk mencari alternatif pengobatan infeksi Candida albicans salah satunya adalah bunga biduri yang mengandung zat antijamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antijamur dari ekstrak n-heksana bunga biduri (Calotropis gigantean L) terhadap Candida. albicans. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 kelompok perlakuan (konsentrasi 10%, 25%, 50%, 75% dan 100%) dan 2 kelompok kontrol, yaitu kontrol negatif menggunakan pelarut n-heksana dan kontrol positif menggunakan nistatin 100 IU. Uji aktivitas antijamur dilakukan dengan metode difusi cakram. Hasil fitokimia didapatkan ekstrak n-heksana bunga biduri positif steroid namun negatif alkaloid, terpenoid, saponin, flavonoid, tanin dan kumarin. Hasil uji daya hambat ekstrak bunga biduri terhadap pada C. albicans menunjukkan nilai 0 mm pada semua konsentrasi. Penelitian ini menunjukan ekstrak n-heksana bunga biduri tidak memiliki aktivitas antijamur isolat laboratorium C. albicans. Kata Kunci : Calotropis gigantea, Candida albicans, difusi cakram

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS ATCC 29523 (MAYA PUTRI SINDA, 2019)

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS ATCC 33277 (Novita Putri Ranggaswuni, 2019)

UJI AKTIVITAS SITOTOKSIK EKSTRAK KULIT BATANG BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) (Ichsan Saputra, 2014)

UJI AKTIVITAS SITOTOKSIK EKSTRAK DAUN TUMBUHAN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA ) (Rohaya Afrida, 2014)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK N-HEKSANA DARI DAUN CASSIA ALATA TERHADAP JAMUR CANDIDA ALBICANS (RadillaMutia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy