//

STRATEGI PENGEMBANGAN KLASTER EKONOMI BERBASIS AGRIBISNIS SALAK DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUNI KHOLIDAH DLT - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salak (Salacca edulis L.) sebagai salah satu komoditas pertanian memiliki prosfek dalam pengembangan agribisnis yang mendukung peningkatan ekonomi petani. Selain dikonsumsi dalam bentuk buah segar, salak dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan. Kabupaten Tapanuli Selatan merupakan sentra penghasil salak di Sumatera dengan produksi 462.758 Ton/Tahun. Kabupaten Tapanuli Selatan saat ini mengarah sebagai daerah klaster ekonomi. Konsep klaster ekonomi telah banyak mengundang perhatian berbagai stakeholder terhadap pengembangan ekonomi lokal suatu wilayah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah agribisnis salak dapat dikembangkan sebagai suatu klaster ekonomi di Kabupaten Tapanuli Selatan. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif, matriks IFAS/EFAS dan SWOT. Matriks IFAS/EFAS untuk menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Matriks SWOT untuk menentukan posisi dan strategi agribisnis salak. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tapanuli Selatan karena daerah potensial bagi agribisnis salak. Responden dalam penelitian ini adalah petani salak, pedagang salak, industri pengolahan salak dan lembaga pendukung (Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan). Hasil penelitian menjelaskan Matriks IFAS memperoleh skor 2,903 sebagai sumbu X dan Matriks EFAS memperoleh skor 2,813 sebagai sumbu Y. Agribisnis salak berada pada kuadran I. Artinya pada posisi ini agribisnis salak memiliki peluang dan kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan agresif, melalui perluasan pangsa pasar, pengembangan produk dan melihat selera konsumen serta meningkatkan jumlah produksi olahan salak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISASI MORFOLOGI KULTIVAR LOKAL SALAK (SALACCA SP.) DI KABUPATEN ACEH TENGGARA (BINTI WAHYUNI, 2020)

PROSPEK PENGENMBANGAN AGRIBISNIS NILAI MELALUI POLA KEMITRAAN DENGAN UNIVERSAL EQUITIES GROUP OF AMERICA DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Sri Harita, 2020)

PENGEMBANGAN INDUSTRI IKAN KAYU LAMPULO MENGGUNAKAN METODE KLASTER DAN STRATEGI GENERIK (Zulfan Helmi, 2016)

PERBANDINGAN METODE K-MEDOIDS DAN FUZZY C-MEANS (FCM) PADA PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA BERDASARKAN ANGKA LAJU PDRB (Saidatul, 2020)

PENERAPAN K-MEDOIDS DAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN HASIL UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA/MA JURUSAN IPS DI INDONESIA (MUHAJIR AKBAR HSB, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy