//

PENGARUH AIR REBUSAN DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE LINN) TERHADAP JUMLAH KOLONI BAKTERI RONGGA MULUT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang hayatun nufus - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rongga mulut merupakan tempat paling rawan dari tubuh karena merupakan pintu masuk berbagai agen mikroorganisme. Penggunaan antiseptik dapat digunakan untuk pencegahan infeksi pada rongga mulut. Daun sirih mengandung minyak atsiri di mana komponen kavikol yang memiliki daya bakterisida lima kali lebih kuat dibandingkan fenol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh air rebusan daun sirih hijau terhadap jumlah koloni bakteri rongga mulut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen laboratorium dengan menggunakan rancangan pre test- post test control group design. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala angkatan 2012 yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan jumlah rata-rata koloni kuman pada kelompok perlakuan (berkumur dengna air rebusan daun sirih hijau) yaitu 65,800 dan jumlah rata-rata koloni bakteri pada kelompok kontrol (berkumur dengan akuades) yaitu 271,500 dan dari hasil analisa dinyatakan valid dengan nilai sig= 0,000 dimana p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE L.)TERHADAP MIKROORGANISME INDIKATOR MASTITIS (DICKY RIZALDI RAMBE, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK METANOL DAUN SIRIH (PIPER BETLE LINN.) TERHADAP WAKTU HEMOSTASIS LUKA PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (rizki rahmawan.S.Ked, 2015)

PERBANDINGAN EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L.) DAN EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (IASA RIZKY AMALIA, 2016)

PENGARUH AKTIVITAS MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Eka Nadia, 2015)

PERBANDINGAN EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNUS) DAN EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (ISMA SARI CHUMAIRAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy