//

HUBUNGAN MENGKONSUMSI KOPI DENGAN MUNCULNYA SYMPTOM KECEMASAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH ANGKATAN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ristia Janita Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kecemasan merupakan kasus yang sering terjadi dikalangan mahasiswa, umumnya karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah mengkonsumsi kopi dalam batas waktu tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mengkonsumsi kopi dengan munculnya simptom kecemasan pada mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala angkatan 2012. Ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, yang berlangsung pada bulan Januri 2016. Tingkat kecemasan diukur menggunakan Hamilton Rating Scale For Anxiety (HRS-A), sedngkan kebiasaan mengkonsumi kopi menggunakan kriteria kebiasaan mengkonsumsi kopi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Besar sampel sebanyak 52 responden dengan rata-rata usia 20-23 tahun. Hasil penelitian didapatkan 22 responden (46,2%) mengalami kecemasan, terdiri dari 12 orang (23,1%) kecemasan ringan, 10 orang (19,2%) kecemasan sedang dan 2 orang (3,8%) kecemasan berat, sedangkan kecemsn sangat berat tidak ditemukan. Responden yang mengkonumsi kopi tercatat sebanyak 52 orang (100%) dimana 7 orang (13,5%) tergolong pecandu kopi dan 45 orang (86,5%) bukan pecandu kopi. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara mengkonsumsi kopi dengan munculnya simptom kecemasan ( p = 0,04 ). Tingkat kecemasan yang paling banyak dialami adalah kecemasan ringan yaitu sebanyak 12 orang (23,1%). Terdapat hubungan yang bermakna antara mengkonsumsi kopi dengan munculnya imptom kecemasan pada mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala Banda Aceh angkatan 2012. Kata Kunci: kecemasan, pecandu kopi, HRS-A

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN SEBELUM MENGHADAPI UJIAN OSCE SEMESTER PERTAMA DENGAN NILAI YANG DICAPAI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Nasrul Nashar, 2016)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MENJELANG OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAM (OSCE) PERTAMA DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Maulida, 2014)

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS SYIAH KUALA (T. Riki Azhari, 2016)

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA ANGKATAN 2012, 2013, DAN 2014 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Navizatur Rahmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy