//

DISTRIBUSI DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN PETANI DI GAMPONG RIMA JEUNEU KECAMATAN PEUKAN BADA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Romi Zulyadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Distribusi Dan Ketimpangan Pendapatan Petani Di Gampong Rima Jeuneu Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar Nama : Romi Zulyadi Nim : 0801101010007 Fakultas : Ekonomi Jurusan : Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Dr. Abd Jamal, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Distribusi dan Ketimpangan Pendapatan Petani di Gampong Rima Jeuneu Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar yang dipengaruhi oleh variabel pendapatan yang diterima petani, pola konsumsi serta tingkat ketimpangan distribusi pendapatan. Pendekatan model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis Gini Rasio. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Peukan Kabupaten Aceh Besar tahun 2015. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengedarkan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada 52 petani yang ditentukan secara proporsional dari 4 Dusun sampel. Hasil penelitian diolah dengan analisi Gini Rasio menunjukkan bahwa pendapatan yang diterima petani petani sebesar 0,70, maka dapat diketahui bahwa tingkat ketimpangan pendapatan petani berada dalam ketegori rendah. Dimana hasil penelitian ini 40 persen petani berpendapatan terendah menguasai lebih dari 17 persen dari keseluruhan total pendapatan sebesar Rp 44.580.500 atau sekitar 13,22 persen. Dengan demikian, tingkat ketimpangan pendapatan petani sampel menurut Bank Dunia (World Bank) termasuk dalam kategori rendah. Diharapkan kepada pemerintah senantiasa memberikan pengarahan kepada petani untuk meningkatkan produksinya guna untuk menghindari kesenjangan ekonomi. Kata Kunci: Pendapatan, Konsumsi dan Tingkat Ketimpangan Distribusi Pendapatan Produksi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI BAWANG MERAH DAN NON PETANI BAWANG MERAH DI DESA LAM MANYANG KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Medita Ivanni, 2017)

KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN RUMAB TANGGA MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACED BESAR (Kharisma Jayanthi, 2020)

ANALISIS KETIMPANGAN PENDAPATAN DAN PENGELUARAN ANTAR KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (ARIEF MUNANDAR, 2016)

PENYELESAIAN SENGKETA BATAS GAMPONG LAMGEU-EU DAN GAMPONG RIMA JEUNEU DI KABUPATEN ACEH BESAR (SUATU STUDI TERHADAP IMPLEMENTASI PERMENDAGRI RI NOMOR 45 TAHUN 2016) (AGUNG MUNANDAR, 2020)

ANALISIS KETIMPANGAN PENDAPATAN DAN PENGELUARAN ANTAR KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH UTARA (Muzammil Ichsan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy