//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DOKTER PRAKTIK UMUM TERHADAP SISTEM KEDOKTERAN KELUARGA DENGAN PENERAPANNYA DI LAYANAN PRIMER DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Angga Pranata - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sistem kedokteran keluarga adalah sebuah sistem pelayanan kesehatan yang menitikberatkan pada preventif, promotif dan berbasis pada keluarga. Untuk keberhasilan penerapan sistem ini para dokter praktik umum dituntut untuk mengetahui lebih dalam terhadap konsep-konsepnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada hubungan antara pengetahuan dokter praktik umum terhadap sistem kedokteran keluarga dengan penerapannya di layanan primer di Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik-observasional dengan desain crosssectional dan teknik stratified sampling. Sebanyak 48 dokter praktik umum yang bekerja di layanan primer menjadi responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dimulai dari bulan Desember-Januari 2016 dan dianalisis dengan menggunakan uji Spearman. Pengetahuan dokter praktik umum terhadap sistem kedokteran keluarga diukur dengan menggunakan angket kuesioner dan penerapan sistem kedokteran keluarga juga diukur dengan menggunakan angket kuesioner. Sebanyak 64,7% dokter praktik umum yang memiliki pengetahuan sedang dengan penerapan sistem kedokteran keluarga yang sedang juga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dokter praktik umum terhadap sistem kedokteran keluarga dengan penerapannya di layanan primer (p-value = 0,001). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan dokter praktik umum terhadap sistem kedokteran keluarga dengan penerapannya di layanan primer Banda Aceh. Kata kunci: Kedokteran keluarga, dokter praktik umum, layanan primer

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TENTANG DOKTER LAYANAN PRIMER (MUTHIA RANA ZAHRA, 2017)

PENGETAHUAN DAN SIKAP DOKTER UMUM TERHADAP KEDOKTERAN KELUARGA BANDA ACEH TAHUN 2013 (CUT DWI FATMAWATI, 2013)

RANCANG BANGUN APLIKASI REKAM MEDIS UNTUK PRAKTIK PRIBADI DOKTER BERBASIS ANDROID DAN MEMANFAATKAN LAYANAN WEB (Iwansyah Putra, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TERHADAP SIKAP DOKTER MENGENAI ISU ETIK KEDOKTERAN DALAM PENANGANAN COVID-19 DI RSUDZA (HANIFAH ZAIN, 2021)

ANALISIS KEPUASAN DOKTER TERHADAP SISTEM KAPITASI DALAM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSAT LAYANAN PRIMER DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH (RABIATUL MUMTAZAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy