//

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mimilaida - Personal Name

Abstrak/Catatan

`ABSTRAK Kata kunci: Kartu domino, hasil belajar, tanggapan, aktivitas dan sistem periodik unsur. Telah dilakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Media Kartu Domino pada Materi Sistem Periodik Unsur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya”. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengembangkan media kartu domino, (2) mengetahui hasil belajar (3) aktivitas dan (4) tanggapan peserta didik setelah mempelajari materi sistem periodik unsur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling sehingga subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar kelayakan media untuk melihat media yang telah dikembangkan layak atau tidaknya digunakan. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari 3 ranah yaitu pengetahuan (soal tes yang tertera pada media kartu domino dan soal tes pada akhir pembelajaran), keterampilan (lembar penilaian keterampilan) dan sikap (lembar penilaian sikap). Lembar aktivitas peserta didik digunakan untuk menilai aktivitas peserta didik. Lembar angket tanggapan digunakan untuk melihat tanggapan peserta didik mengenai media kartu domino. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media kartu domino mendapatkan persentase kelayakan media sebesar 96,40%. Hasil belajar peserta didik dari ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap secara berurutan diperoleh sebesar 86,23%, 80,95% dan 85,94%. Aktivitas peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 73,33% pada pertemuan I dan 89,50% pada pertemuan II. Peserta didik memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran menggunakan media kartu domino sebesar 87,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media kartu domino dapat digunakan pada proses pembelajaran dengan kategori sangat layak, hampir seluruh peserta didik yaitu sebesar 86,23% mampu menguasai materi sistem periodik unsur dibandingkan dengan nilai UN pada Tahun Ajaran 2014/2015 hanya 54,47% yang menguasai materi sistem periodik unsur, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik dan peserta didik memberikan tanggapan terhadap media kartu domino dalam kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini menyarankan agar adanya manajemen waktu yang efektif dan efesien terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kartu domino agar peserta didik benar-benar bisa memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dan memahami materi yang dipelajari, Guru hendaknya selalu berupaya untuk menggunakan media pembelajaran yang berbeda, lebih aktif dan komunikatif agar selama proses pembelajaran dapat menarik perhatian peserta didik untuk belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI KOLOID UNTUK SISWA KELAS XI MIA 2 (Mawaddah, 2017)

PENERAPAN MODEL LEARNING TOGETHER (LT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Reza Resita Vonna, 2020)

PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI STRUKTUR ATOM (Marina Fridayani, 2016)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KIMIA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Yunita Sari, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DIVARIASIKAN DENGAN PERMAINAN CONGKLAK PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Dara Sasmita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy