//

EVALUASI MUTU INDRAWI DAN NILAI GIZI SOSIS IKAN MUJAIR (OREOCHROMISMOSSAMBICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ILA SARTIKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Mutu Indrawi Sosis Ikan Mujair Penelitian ini membahas pemanfaatan ikan mujair, yang diolah menjadi sosis. Ikan mujair (Oreochromis mossambicus) merupakan ikan air tawar yang relatifmurah,ikan mujairbanyakmengandung protein, asamlemak omega 3 yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan otak. Sosis merupakan jenis makanan yang terbuat dari daging, tepung tapioka, minyak nabati, gula pasir, garam, merica telur ayam ras, dan es batu. Penelitian ini bertujuan untuk memperolehmutu indrawi (warna, aroma, tekstur dan rasa) sosis ikan mujair dan menganalisis nilai gizi karbohidrat, protein dan lemak. Metode yang digunakan adalah eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan uji pengamatan (sensory evaluation) objek dalam penelitian ini yaitu sosis ikan mujair. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa sosis ikan mujair memperoleh total nilai rata 95.83 memiliki warna cerah keabuan, aroma yang harum, kekenyalan yang netral dan rasa yang gurih. Hasil uji laboratrium menyatakan sosis ikan mujair memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 6.05%, kandungan protein sebanyak 12.25%, kandungan lemak sebanyak 0.96% dengan total kalori sebanyak 81.84 kal. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima, disarankan dapat memanfaatkan ikan mujair menjadi berbagai produk olahan akan meningkatkan nilai tambah ikan mujair yang belum dimanfaatkan dengan baik dan dapat memproduk sendiri makanan beku berupa sosis yang lebih sehat, murah dan enak. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui masa simpan, untuk membuat pencarian harga produk, pemanfaatan ikan mujair menjadi berbagai produk olahan akan meningkatkan nilai tambah ikan mujair yang belum dimanfaatkan dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERENDAMAN LARUTAN KETUMBAR TERHADAP KADAR PROTEIN DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK IKAN MUJAIR PANGGANG (Fania Hidayati, 2016)

KAJIAN POLA PERTUMBUHAN DAN FAKTOR KONDISI IKAN GENUS OREOCHROMIS YANG TERTANGKAP DI SUNGAI BLANG KRUENG, KECAMATAN BANDAR BARU, KABUPATEN PIDIE JAYA (T. Mukhlis, 2016)

PENGARUH PENAMBAHAN BUMBU ASAM KEUENG TERHADAP MUTU INDRAWI DAN PREFERENSI KONSUMEN PADA BAKSO BANDENG (CHANOS-CHANOS F.) (Fitri Rosada, 2020)

KEBIASAAN MAKAN DAN LUAS RELUNG TIGA JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI DANAU ANEUK LAOT, KOTA SABANG (Muhammad Akbar Maulana. Ra, 2021)

KERAGAMAN PARASIT PADA IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG DIBUDIDAYA DI DANAU LAUT TAWAR ACEH TENGAH (Albar Irha, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy