//

ANALISIS SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KOMPLEK PERUMAHAN INDONESIA TIONGKOK DESA NEUHEUN KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahriza Hasri - Personal Name
SubjectWATER DISTRIBUTION SYSTEMS ENGINEERING
SISTEM DISTRIBUSI AIR
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Air merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan. Dalam setiap aktivitasnya, manusia mutlak membutuhkan air bersih. Untuk itu diperlukan adanya penyediaan air bersih yang secara kualitas memenuhi standar yang berlaku dan secara kuantitas maupun kontinuitas harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah sehingga aktivitas dapat berjalan dengan baik. Pemanfaatan air tanah sebagai air bersih di kawasan perumahan Indonesia Tiongkok yang terletak di Desa Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar sampai saat ini dirasakan belum maksimal. Dari hasil penelitian secara langsung di lokasi rencana penelitian didapat permasalahan yaitu tidak tersedianya air secara merata disetiap blok-blok yang ada dimana beberapa blok perumahan tidak mendapatkan air sampai 2 hari atau lebih. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 3 unit sumber air tanah dalam untuk memenuhi kebutuhan warga di komplek ini dengan kapasitas yaitu sumur 1 sebesar 1,497 liter/dtk yang melayani blok A dan D, sumur 2 sebesar 1,712 liter/dtk untuk melayani Blok B, C, F dan G sedangkan sumur 3 sebesar 1,537 liter/dtk untuk melayani kebutuhan di blok E. Kebutuhan air saat ini sebesar 0.782 liter/detik sedangkan kebutuhan air rencana sebesar 2,541 liter/detik. Untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga saat ini debit sumber yang ada masih mampu untuk dapat melayani warga dengan jam pelayanan sampai dengan 24 jam per hari dengan waktu operasional pompa selama 10 jam per hari dimana debit sumur 1 sebesar 53.887,348 liter/10 jam, sumur 2 sebesar 61.644,006 liter/10 jam dan sumur 3 sebesar 55.344,197 liter/10 jam. Sedangkan untuk kebutuhan rencana dilakukan penambahan sumber terutama pada lokasi sumur 1 dan 2 dengan kapasitas sama seperti sumur yang telah ada. Penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi bagi pengguna air dan instansi terkait dalam rangka penyediaan air bersih untuk kebutuhan sehingga dapat melayani kebutuhan bagi pengguna air. Kata kunci : debit sumber, sistem distribusi air, jumlah pengguna air

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESIAPSIAGAAN PEREMPUAN KAMPUNG PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR TERHADAP ANCAMAN BENCANA TANAH LONGSOR (Nova Maulida, 2017)

POTENSI AIR PERMUKAAN PADA PEMUKIMAN PERUMAHAN INDONESIA-TIONGKOK NEUHEUN KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS (Muhammad Radhi Zakaria, 2018)

PERANCANGAN INSTALASI LISTRIK SALURAN KAWAT UDARA TEGANGAN RENDAH (SKUTR) DI KOMPLEK PERUMAHAN PANGGOI INDAH LHOKSEUMAWE (Defri Saputra, 2014)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI NEUHEUN KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (DARA MAULIDIA, 2019)

ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KEMIRI (ALEURITES MOLUCCANA) DI DESA IE SUUM KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (HIKMAH WAHYUNI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy