//

EVALUASI KETIDAKSESUAIAN ANTARA NILAI KONTRAK PERENCANAAN DENGAN REALISASI ANGGARAN FISIK BANGUNAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Heri Darmawan - Personal Name
SubjectCONSTRUCTION
CONTRACTS-CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

EVALUASI KETIDAKSESUAIAN ANTARA NILAI KONTRAK PERENCANAAN DENGAN REALISASI ANGGARAN FISIK BANGUNAN Oleh HERI DARMAWAN NIM : 1309200060014 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. Moch. Afifuddin M.Eng 2. Dr. Hafnidar A. Rani, ST. MM ABSTRAK Konsultan manajemen konstruksi memegang peranan yang sangat penting di dalam keberhasilan sebuah proyek. Tugas sebuah perusahaan konsultan perencana adalah mengawal pada tahap awal proyek (tahap perencanaan dan perancangan) untuk mempersiapkan tahap selanjutnya, serta pada masa konstruksi (pelaksanaan pembangunan fisik). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kontrak perencanaan lebih kecil dari pada anggaran fisik. Penelitian ini dibatasi pada proyek perencanaan bangunan gedung, dengan tahun kontrak 2009 sampai dengan 2015 dengan jumlah responden 35 (tiga puluh lima) paket dari 8 (delapan) perusahaan konsultan kualifikasi kecil. Responden yang dipilih berdasarkan perusahaan yang memiliki kontrak Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) kebawah yang perencanaan lebih kecil dari pagu anggaran fisik. Data sekunder diperoleh dari data literatur, dan selanjutnya analisis data dilakukan dengan cara analisis satu jalur serta diukur dengan skala likert. Berdasarkan dari analisis reliabilitas diperoleh nilai cronbach alpha Nilai yang diperoleh dari analisis reliabilitas dapat diartikan bahwa dari keenam variabel dinyatakan valid karena memenuhi koefesien minimum cronchbach alpha yaitu terdapat pada variabel X4 kompetensi sebesar 0,721. Pada variabel (X1, X2, dan X3) nilai cronbach alpha di bawah 0,6. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh nilai R = 0,379 hal ini menunjukan tingkat hubungan rendah. Dari hasil analisis regresi linier yaitu Y = 2,483 + 0,301 X1 + 0,022 X2 – 0,040 X3 + 0,244 X4 – 0,263 X5. Koefesien tertinggi diperoleh pada variabel X1 sebesar 0,301 yaitu estimasi konstruksi dengan signifikannya 0,101 yang berarti faktor estimasi konstruksi sangat berpengaruh terhadap pembahasan evaluasi ketidaksesuaian antara nilai kontrak perencana dengan realisasi anggaran fisik bangunan. Kata Kunci : Perencaaan bangunan gedung, evaluasi nilai kontrak, pagu angaran fisik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR REALISASI ANGGARAN DANA APBN PROGRAM PENYIAPAN KAWASAN DAN PEMBANGUNAN PERMUKIMAN TRANSMIGRASI PADA DINAS TENAGA KERJA DAN MOBILITAS PENDUDUDUK ACEH (SITTI SAKINAH, 2017)

FAKTOR-FAKTOR IMPLEMENTASI GREEN CONSTRUCTION PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (TARMIZI, 2021)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

ANALISIS PENGARUH DANA OTONOMI KHUSUS PADA DINAS KESEHATAN ACEH TERHADAP UMUR HARAPAN HIDUP PENDUDUK DI PROVINSI ACEH (Faisal, 2017)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KLAIM DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Nurdianti, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy