PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Yustia Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103060001

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe, diantaranya tipe Group Investigation (GI). Dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mencapai ketuntasan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP N 8 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 8 Banda Aceh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi segitiga Kelas VII SMP N 8 Banda Aceh. Jenis penelitian ini Pre Exprimental dengan desain one-shot case study dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 8 Banda Aceh, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu VII7 yang diterapkan model kooperatif tipe Group Investigation (GI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak(uji pihak kiri) dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa Kelas VII SMP N 8 Banda Aceh Banda Aceh pada materi segitiga melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) sudah mencapai ketuntasan dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran segitiga pada model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK