//

KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI (IT) SEBAGAI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT YUSI RAHMITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: kompetensi guru, pemanfaatan IT, media pembelajaran. Penelitian yang berjudul “Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan IT Sebagai Media dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Banda Aceh” telah selesai dilaksanakan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru dalam pemanfaatan IT, faktor-faktor penghambat bagi guru dalam pemanfaatan IT, serta tanggapan siswa mengenai guru yang menggunakan IT dan guru yang tidak menggunakan IT sebagai media dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah 23 responden yaitu terdiri dari 18 guru dan 5 orang siswa. Teknik pengambilan subjek guru berdasarkan data yang diperoleh dari masing-masing Ketua Jurusan, dan pengambilan subjek siswa menggunakan purposif sampling. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan dokumentasi kepada dua puluh tiga responden. Hasil penelitian diperoleh bahwa kompetensi guru dalam pemanfaatan IT masih sangat minim, adapun yang menjadi faktor penghambat bagi guru dalam pemanfaatan IT sebagai media dalam proses pembelajaran, dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal meliputi motifasi rendah, kurangnya minat guru untuk mempelajari IT, kelelahan, rasa takut dan kesiapan guru dalam menyiapkan media pembelajaran. Faktor eksternal meliputi fasilitas yang tidak memadai dan kurangnya pelatihan kepada guru mengenai IT. Kesimpulan bahwa pemanfaatan IT untuk media pembelajaran harus diterapkan dari sekarang, agar kedepannya kompetensi guru dalam pemanfaatan IT lebih meningkat, pada zaman yang semakin canggih, maka kebutuhan akan penggunaan media IT akan semakin meningkat sehingga guru di tuntut untuk dapat menggunakan media IT sebagai media dalam proses pembelajaran. Maka dari itu pihak Sekolah dan Dinas terkait untuk dapat membenahi sarana dan prasaran yang ada disekolah, dan perlu adanya ketetapan sekolah agar guru dapat memanfaatkan media IT sebagai media dalam proses pembelajara.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 1 SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Mutiah Hanum Ahmad, 2014)

KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA SMP NEGERI 7 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Ellita , 2014)

KOMPETENSI GURU PKN DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI DALAM KOTA BANDA ACEH (suryani, 2013)

KESULITAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI GUGUS JAMBU KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (ira yunida, 2014)

DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Zulhandayani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy