//

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR GURU KELAS IV MIN LAMJAMPOK KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATENACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Munawar - Personal Name
SubjectINDONESIAN LANGUAGE - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmad Munawar. “Campur Kode dan Alih Kode Dalam Proses Belajar-Mengajar Guru Kelas IV MIN Lamjampok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar”. Pembimbing I: Dr. Mohd. Harun, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Rajab Bahry, M.Pd. Kata Kunci: Campur Kode, Alih Kode, Guru, Proses Belajar-Mengajar, MIN Lamjampok. Penelitian ini merupakan kajian tentang peristiwa campur kode dan alih kode dalam interaksi belajar-mengajar di MIN Lamjampok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui campur kode dan alih kode dalam kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah de skriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru MIN Lamjampok yang mengajar di kelas empat. Data dalam penelitian ini adalah tuturan guru yang mengandung campur kode dan alih kode. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, teknik wawancara atau diskusi, dan teknik dokumentasi. Faktor penyebab terjadinya campur kode dan alih kode dalam penelitian ini adalah penutur, dan lawan tutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campur kode yang terjadi di MIN Lamjampok merupakan campur kode ke dalam (inner code mixing)karena campur kode dilakukan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Aceh. Campur kode yang dilakukan oleh guru meliputi campur kode berbentuk kata, campur kode berbentuk frasa, campur kode berbentuk baster, dan campur kode berbentuk pengulangan kata. Alih kode yang dilakukan oleh guru merupakan jenis alih kode ke dalam (intern) karena berlangsung antara bahasa sendiri, yaitu dari bahasa Indonesia kebahasa Aceh atau dari bahasa Aceh ke bahasa Indonesia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

CAMPUR KODE DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR GURU KELAS IV SDN LAMRABO KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Abubakar, 2018)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM TUTURAN GURU KELAS IV SD NEGERI BUENG CALA KECAMATAN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR (Kiki Sanjani, 2018)

CAMPUR KODE DALAM TUTURAN GURU KELAS VII MTSS SAMAHANI KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Nuratun Maknun, 2020)

ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 DARUL HIKMAH KABUPATEN ACEH JAYA (MARDHIAH, 2020)

ANALISIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE PADA SIARAN RADIO REPUBLIK INDONESIA BANDA ACEH (AUFA LIDDINI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy