//

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERBANDINGAN DI SMPN 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Farida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan komunikasi matematika, materi perbandingan Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa memiliki kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Kemampuan komunikasi matematika merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting, karena komunikasi bisa membantu pembelajaran siswa tentang konsep matematika ketika mereka menghadapi situasi, menggambar, menggunakan objek, memberikan laporan dan penjelasan verbal sehingga pembelajaran lebih bermakna. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum terampil menyelesaikan suatu masalah matematika yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi. Upaya guru membantu siswa mengembangkan kemampuan komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan pre-eksperimen design jenis Pre-test and Post-test Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII-5 yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil pengolahan data didapat thitung = 13,74 dan ttabel, = 1,72 atau thitung ˃ ttabel, ini menunjukkan tolak H0 dan akibatnya adalah terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi perbandingan di SMPN 18 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (maya masyittah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy