//

IMPLEMENTASI PENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN TANAH LUAS ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AZHAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMP Negeri di Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara, yaitu: SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) implementasi penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMP Negeri di Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara; b) manfaat penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMP Negeri di Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara, dan c) hambatan yang dialami sekolah dalam rangka penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumen. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, bendahara, dan staf administrasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri wilayah Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara sudah menggunakan dana BOS sesuai kebutuhan yang diperlukan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri dalam wilayah Tanah Luas sebagaimana yang diharapkan pemerintah dan masyarakat dan sesuai prosedur yang diarahkan pemerintah. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat bermanfaat untuk: a) terlaksananya program pemerintah wajib belajar sembilan (9) tahun yang bermutu; b) terlaksananya program pemerataan dan perluasan akses, program peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, serta program tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik; c) seluruh siswa bebas dari pungutan terhadap biaya operasional sekolah; d) tidak ada siswa miskin putus sekolah karena tidak mampu membayar iuran/pungutan yang dilakukan oleh sekolah; e) meningkatnya pemberdayaan sekolah dalam rangka peningkatan akses, mutu dan manajemen sekolah; dan f) pembiayaan seluruh kegiatan di sekolah yang berhubungan dengan proses pembelajaran dan yang mendukungnya dapat terpenuhi. Kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam penyaluran dana BOS adalah keterlambatan penerimaan dana di rekening sekolah dapat menyebabkan pemanfaatan dana menjadi kurang efektif. Selain itu, ada beberapa wali murid yang tidak melihat papan informasi transparansi penggunaan dana dan tidak pernah menanyakan perihal pemanfaatannya dana BOS pada sekolah, karena yang menjadi masalah yaitu sosialisasi tidak dilakukan oleh pihak sekolah. Sedangkan dalam pelaporan dan monitoring evaluasi, permasalahan yang dikemukakan adalah kesulitan sekolah dalam menyusun laporan keuangan. Berdasarkan dari temuan hasil penelitian, maka penulis dapat menyarankan: a) Program BOS yang sudah dilaksanakan hendaknya dapat terus dilanjutkan dengan mempertimbangkan upaya peningkatan partisipasi masarakat: b) Petunjuk teknis tentang pengunaan dana Program BOS hendaknya lebih disempurnakan sehingga tercipta partisipasi pada masalah pendidikan dan pendanaan dari masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO), DAN SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (CHAIRUN NISA, 2014)

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA GUGUS 1 SD NEGERI 2 KOTA BAKTI KABUPATEN PIDIE (YUSRI, 2018)

PEMBIAYAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA (Herman, 2018)

MANAJEMEN PEMBIAYAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SMP NEGERI 4 BIREM BAYEUN DI KABUPATEN ACEH TIMUR (CHAIRINDA, 2016)

FUNGSI KOMITE SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH DI SD NEGERI 19 BANDA ACEH (MAULIDAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy