//

UJI KETAHANAN SEKTOR RUMAH TANGGA TERHADAP GUNCANGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nada Khalishah Zara - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitianinibertujuanuntukmenguji ketahanan kinerja sektor rumah tangga dalam menghadapi berbagai guncangan perekonomian baik yang bersifat internal maupun eksternal di Indonesia. Dalam penelitian ini kinerja sektor rumah tangga diproyeksikan kedalam konsumsi rumah tangga, sedangkan guncangan yang mempengaruhi kinerja sektor rumah tangga yaitu inflasi domestik sebagai guncangan yang bersumber dari internal dan perekonomian global sebagai proyeksi guncangan eksternal. Pengujian ketahanan kinerja sektor rumah tangga menggunakan model Autoregressive Distributed Lag (ARDL).Model ini dipilih karena data yang digunakan dalam penelitian ini tidak saling terkointegrasi. Hasil penelitian menunjukkan konsumsi rumah tangga Indonesia sangat dipengaruhi oleh inflasi, sedangkan pertumbuhan ekonomi dunia tidak signifikan mempengaruhi konsumsi rumah tangga. Pengaruh tersebut berlangsung selama dua periode yaitu selama dua kuartal. Hasil penelitian juga menunjukkan dalam jangka panjang konsumsi rumah tangga di Indonesia dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi global.Inflasi sangat memengaruhi konsumsi rumah tangga, dengan share yang diberikan konsumsi rumah tangga sebesar 60% terhadap PDB mengkonfirmasi bahwa pentingnya menjaga konsumsi di Indonesia agar mampu bertahan dari berbagi guncangan karena perekonomian Indonesia ditentukan oleh konsumsi rumah tangga. Bila terjadi shock pada inflasi di Indonesia maka akan berdampak terhadap konsumsi indonesia selama kurun waktu dua kuartal.Mengingat besarnya kontribusi konsumsi terhadap PDB Indonesia, maka pemerintah harus menjaga inflasi selalu berada pada posisi ideal. Kata Kunci :Konsumsi Rumah Tangga, Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi Global, Autoregressive Distributed Lag,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (INDA AMALIA, 2016)

STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KERA.JINAN ROTAN DI DESA KUEH KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Haryana, 2021)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN RIKIT GAIB KABUPATEN GAYO LUES (siti wahyuni, 2016)

HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANGKRUENG KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DUSUN COT SIBATI) (RIZA RAMADHAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy