//

EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) DALAM MENURUNKAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS STRAIN WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI GLUKOSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wiryanti Ambarita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Daun sirsak (Annona muricata L.) merupakan suatu tanaman obat tradisional yang dapat menangani berbagai jenis penyakit termasuk sebagai penurun kadar gula darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak etanol daun sirsak dalam menurunkan kadar gula darah pada tikus strain Wistar jantan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik menggunakan rancangan pretest postest dengan kelompok kontrol (pretest posttest control group design). Sampel yang digunakan adalah tikus strain Wistar jantan sebanyak 25 ekor dibagi dalam 5 kelompok yaitu, 2 kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan. Peningkatan kadar gula darah hewan uji dilakukan dengan induksi larutan glukosa 10%. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan kadar gula darah pada menit 30, menit 60, menit 90, menit 120 dan menit 150 setelah induksi glukosa. Hasil kadar glukosa dianalisis mengggunakan uji Anova dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi dosis ekstrak etanol daun sirsak yang digunakan, semakin efektif dalam menurunkan kadar gula darah tikus strain Wistar jantan yang diinduksi glukosa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol daun sirsak dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus strain Wistar jantan yang diinduksi dengan glukosa. Kata Kunci : Daun sirsak (Annona muricata L.), Hiperglikemia, Gula darah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) DALAM MENURUNKAN KADAR GULA DARAH PADATIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) YANG MENGALAMI HIPERGLIKEMI (GHALIA MAYUNA, 2018)

EFEKTIVITAS EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR KONDISI HIPERURISEMIA (GILANG WIDRATAMA P, 2018)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI L. (Dina Marselina, 2015)

POTENSI AKAR MELASTOMA MALABATHRICUM L. TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR HIPERGLIKEMIA (Nurjaya, 2019)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SRIKAYA (ANNONA SQUAMOSA L.) TERHADAP PENURUNAN GULA DARAH PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SRIKAYA (ANNONA SQUAMOSA L.) TERHADAP PENURUNAN GULA DARAH PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN (GUNTUR HERLAMBANG, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy