//

HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Novian Zahra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kopi merupakan golongan minuman psikostimulan yang memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi dan menyebabkan seseorang tetap terjaga karena efek farmakologinya menghambat reseptor adenosin yang mempengaruhi sistem saraf pusat sehingga dapat menurunkan kualitas tidur seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi kopi terhadap kualitas tidur. Jenis penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling, besar sampel 74 orang yang merupakan mahasiswa laki-laki Pendidikan Dokter angkatan 2012 dengan jumlah responden 65 orang. Alat ukur konsumsi kopi berupa kuesioner dalam bentuk check list yang dilakukan dengan wawancara terpimpin. Sedangkan kualitas tidur menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil penelitian didapatkan sebanyak 69,2% responden memiliki kualitas tidur buruk dan 30,8% responden memiliki kualitas tidur baik. Sedangkan responden yang konsumsi kopi ringan berjumlah 47,7%, konsumsi kopi sedang 40,0%, dan konsumsi kopi berat 12,3%. Berdasarkan hasil uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna pada konsumsi kopi terhadap kualitas tidur responden dengan p 0,002. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat adanya hubungan konsumsi kopi terhadap kualitas tidur. Kata Kunci : Konsumsi Kopi, Kualitas Tidur, Pittsburgh Sleep Quality Index

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA MEROKOK DAN TIDAK MEROKOK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2010 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Berlian Miza, 2016)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PENINGKATAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (PUTRI RAHMADHANI, 2017)

HUBUNGAN ANTARA DERAJAT MEROKOK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Cut Zilda Hazen, 2016)

HUBUNGAN MENGKONSUMSI KOPI DENGAN MUNCULNYA SYMPTOM KECEMASAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH ANGKATAN 2012 (Ristia Janita Putri, 2016)

HUBUNGAN INSOMNIA DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (SRI HARTINI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy