//

PERENCANAAN ULANG PABRIK TATAKAN TELUR KAPASITAS 1000 KEPING/JAM BERBASIS PRODUKSI BERSIH (STUDI KASUS PABRIK TATAKAN TELUR KOPERASI TANI JASA RIMBA, DESA, MEURE, KABUPATEN – ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hadiansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Industri tatakan telur (egg tray) merupakan salah satu industri yang memanfaatkan kertas karton bekas sebagai bahan baku utama yang diperoleh dari beberapa tempat pengolahan dan pengumpulan sampah. Di Indonesia, indikator yang dapat diamati dari peran serta produk tatakan telur bagi pertumbuhan ekonomi adalah sebagai penyumbang pemasukan daerah, menyerap tenaga kerja dan sebagai industri kreatif, alternatif skala kecil dalam memenuhi kebutuhan sandang, peternakan dan perdagangan barang bekas. Kertas karton limbah dapat dimanfaatkan menjadi produk bernilai tambah seperti tatakan telur (egg tray), penelitian ini bertujuan menghasilkan data dan informasi penerapan suatu integrasi sistem perlindungan lingkungan dalam suatu operasi perusahan dilakukan menurut metodologi yang dikenal sebagai produksi bersih. Produksi bersih (Clean Production) merupakan solusi pengolahan akhir terhadap perusahaan dalam dunia perindustrian. Penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung, data diolah menggunakan analisa metode Quick Scan. Hasil analisa secara tahapan sintesis dan implementasi, sudah memberi usulan produksi berdasarkan skala prioritas, bahwa usulan pemanfaat limbah yang dihasilkan dengan metode Quick Scan. Perhitungan analisa kelayakan ekonomi menggunakan metode Payback Period dengan hasil pada kelipatan tiga tahun Rp 520, 644,000,00,- sudah dapat menutupi modal investasi keseluruhan perusahaan sebesar Rp 1,561,000,000,00,- maka modal investasi akan tertutupi selama 3 tahun 17 hari. Berdasarkan analisa kesinambungan pada efesiensi perbaikan yang ingin dicapai pada setiap area tahapan prosesnya. Kriteria kelayakan lingkungan dapat berfungsi sebagaimana adanya pada implementasi dan kesinambungan yang terjadi pada industri tatakan telur Koperasi Tani Jasa Rimba agar dapat diterapkan dengan sebaiknya agar berjalan dengan kondisi sebagaimana yang diharapkan. Kata Kunci: Perencanaan pabrik, Produksi bersih, Clean Production –Assessment, Industri tatakan telur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGAMATAN PRODUKSI TELUR AYAM ARAB DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KULIT TELUR DI DALAM RANSUM (Reza Purnama, 2014)

PRARANCANGAN PABRIK COCOA BUTTER DARI BIJI KAKAO DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 12.000 TON/TAHUN (Sarah Ferwinda, 2018)

PRARANCANGAN PABRIK COCOA BUTTER DARI BIJI KAKAO DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 12000 TON/TAHUN (Dwi Rahyuni Indri, 2018)

PENGARUH HARGA INPUT, HARGA JUAL DAN PRODUKSI TELUR TERHADAP PENDAPATAN USAHA TELUR AYAM ARAB DI UD. NIWATORI KABUPATEN ACEH BESAR (AL HASDILLA, 2016)

PRARANCANGAN PABRIK BIOETANOL DARI NIRA AREN DENGAN KAPASITAS BAHAN BAKU 25.000 TON/TAHUN (Muhammad Rizal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy